Iya mungkin sekali mas.

Yang saya ingin tekankan, bahwa carapikir si Andy ini harus dikikis
habis, yakni mencari kesalahan atas kegagalan bangsa sendiri SELALU
di pihak lain. Tak mampu introspeksi. Kita kaji, mas:

a) dia lupa, kapan Belanda hengkang dari Tanah Air. hengkang
sebenarnya adalah ketika balatentara Jepang masuk, tahun 1942, itu
berapa tahun yang lalu? Masakan sejak tahun itu, puluhan generasi
lahir dan tumbuh, TAK ada perbaikan? masakan bangsa kita tak pernah
menemukan jatidiri sejak proklamasi 45? kalau gitu ya kita bangsa
dodol dong?

b) kita tidak sendirian dijajah. India, Singapura, Malaysia dan
Vietnam. India merdeka tahun 1947, Malaysia lebih akhir lagi,
demikian pula Singapura. Mengapa mereka LEBIH maju dari kita?
Singapura si cilik itu sangat disegani Barat, tak pernah menyalahkan
penjajah. Kini Singapura tunjuk gigi pada investor dari luar, tidak
seperti kita...

Salam

Danardono

--- In mediacare@yahoogroups.com, "Sunny" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> mata hitam seperti dalam cerita Gagak Hitam, jadi kurang jelas dan
luas
> pemandangan mereka. Telingga mereka tersumbat taik kuping atau
earphone
> dengar musik ngikngok, sehingga tak banyak mereka dengar hal-hal
berguna
> untuk diterapkan dalam memperbaiki keadaan yang morat marit
menjadi baik dan
> lebih baik dan bukan mempertahankan yang buruk untuk menjadi lebih
buruk.

> Maaf lahir batin sebelumnya bila observasi saya keliru.

Memalukan !!!

Karno