Rabu, 29/08/2007 19:21 WIB

Mardiyanto: Saya tak tutup muka atas dukungan Ibu Mega
oleh : Djony Edward

JAKARTA (Antara): Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto mengatakan tidak
menutup muka terhadap dukungan Megawati Soerkarnoputri melalui Partai Demokrasi
Indonesia Perjuangan (PDIP) sehingga ia terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah
(Jateng) periode 2003-2008.

Hal ini disampaikan Mardiyanto, di Jakarta, Rabu menanggapi adanya anggapan
bahwa dirinya tidak berkomunikasi kepada PDIP maupun Ketua Umumnya Megawati
Soekarnoputri perihal pengangkatan dirinya sebagai Mendagri.

Mardiyanto mengatakan tidak mau berkutat dalam masalah tersebut dan bersikap
profesional. Ia juga mengatakan hanya mengemban amanat untuk bertugas demi
bangsa dan negara sebagai Mendagri

"Saya tidak menutup muka bahwa rekomendasi Bu Mega riil. PDIP Jateng waktu itu
juga mengajukan Pak Mardiyo (calon Gubernur Jateng), ini yang tidak pernah
terbuka. Tetapi saya sangat hormat pada elemen partai yang ada di tempat kami.
Sehingga saya memberikan suatu perlakuan yang selaras dan serasi dengan
masing-masing," katanya.

Sementara itu, sebelumnya, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, di
Jakarta, Senin (27 Agustus), mengeluarkan pernyataan tertulis bahwa Gubernur
Jawa Tengah Mardiyanto bukan kader partainya.

Tjahjo Kumolo yang juga salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan itu menambahkan,
Mardiyanto hanya didukung PDI Perjuangan dalam pencalonan dirinya menjadi
gubernur Jateng beberapa waktu lalu.

"Soal dia mau dijadikan Mendagri (oleh Presiden) atau tidak, itu bukan urusan
PDI Perjuangan dan jangan dikait-kaitkan dengan partai. Itu terserah Pak
Mardiyanto sendiri, mau atau tidak bila dipilih menjadi Mendagri," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara Jakarta, Selasa (28
Agustus) mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto sebagai Mendagri yang
baru, menggantikan M. Ma`ruf yang tidak dapat menjalankan tugasnya karena
sakit.

Presiden Yudhoyono mengatakan, Mardiyanto ditetapkan sebagai Mendagri definitif
setelah mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dengan tugas Mendagri
dalam Kabinet Indonesia Bersatu, utamanya untuk mengemban tugas kurang lebih
dua tahun ke depan ini.

Mardiyanto diangkat sebagai Mendagri berdasarkan Keppres No.77/P/2007 yang
ditandatangani Presiden Yudhoyono pada 28 Agustus 2007. Pelantikan Mardiyanto
sebagai Mendagri menggantikan Moh. Ma`ruf dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB di
Istana Negara, Rabu (29 Agustus)

bisnis.com

© Copyright 1996-2007 PT Jurnalindo Aksara Grafika

<<logo-bisnis-small.jpg>>

Kirim email ke