From: Manneke Budiman, Canada
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

Model dan gaya tanggapan Saut ini kian mengukuhkan bahwa pengamatan saya benar.
Fakta sudah bicara sendiri, dan saya tak perlu panjang lebar lagi.

  Sayang...sungguh sungguh sayang...

manneke

  Posted by: Saut Situmorang, Yogyakarta
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

hahaha...manneke!
beginilah cara seorang "kritikus sastra" akademis kita membaca!
betapa lugunya!!!

saya tantang "kritikus" kita ini untuk membuktikan bahwa puisi saya "bantul mon
amour" itu memang puisi yang "mengeksploitasi" seks!

"eksploitasi seks" merupakan salah satu isu Pernyataan Sikap Ode Kampung, kalok
dia memang bener "sarjana sastra" yang tahu membaca teks!

jangan-jangan dia, manneke budiman itu, jual bacot kalok gak berani buktiin!

seorang "kritikus sastra" harus dingin dalam subjektivitas pembacaannya
terutama dalam melihat teks sastra. tidak jadi pengecut karena unsur-unsur
ekstra-literer! itu yang saya pelajarin di Sastra Inggris, Victoria University
of Wellington, New Zealand. Saya cuman S1 Sastra Inggris tapi saya tantang
manneke budiman untuk membahas puisi saya!

soal "isi" jurnal sastra boemipoetra yang dibilangnya "kasar" dan kami yang
"norak...tak punya kesantunan", ini cuman menunjukkan asal-asalannya mutu
sarjana sastra satu ini! dia gak pernah baca jurnal kaum dada atau surrealis
dengan manifesto-manifesto nya itu dan banyak "majalah kecil" lainnya di dunia
ini tapi lagaknya mau jadi "kritikus sastra" kita!

kacian...

soal novel ayu utami dll itu, seorang bule orang asing sudah menulis tentangnya
dan membukukannya.

jawablah tesis eseinya itu!

kau kan orang asli indonesia, lahir dalam bahasa indonesia, dan sarjana sastra
lagi, kok gak mampu membalas tulisan Katrin Bandel yang orang asing itu!
beginikah mutu dosen sastra kita!!!

kacian...

c'mon, man!!!

hahaha...

-saut situmorang

___________________________________

From: Gola Gong, Serang-Banten
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

- sudah disunting seperlunya, karena banyak kesalahan ketik -

Salam kreatif
Saya baru saja keluar dari rumah sakit.
Saya di sms Saut untuk membuka inbox email.
Katanya ada hal penting tentang tulisan Manneke Budiman.
Kata Saut, "MB apa pernah ke Rumah Dunia?"

Saya membaca tulisan MB di bawah ini:

Lepas dari "dosa-dosa" TUK yang telah diinvetarisasi secara dramatis oleh Rumah
Dunia dan disebarkan di jurnalnya, Bumiputra, saya respek pada sikap yang
diambil GM dalam wawancara ini...

MB yang belum saya kenal, salam kenal. Ada baiknya sebelum menulis check and
recheck dulu. Pernah membaca jurnal Boemiputra? Coba lihat di boks redaksinya,
apakah tertera nama Rumah Dunia? Saya ingin mengabarkan, bahwa Rumah Dunia dan
jurnal Boemiputra (BP) sesuatu yang berbeda. Bahkan saya secara pribadi tidak
terlibat di keredaksian.

Ya, itu pekerjaannya Saut, Wowok cs. Saya pernah bertanya kepada Wowok, kenapa
BP memakai diksi yang vulgar kepada GM dan KUK? Jawab Wowok, "Mengingatkan GM
dan KUK nggak bisa dengan cara intelektual. Kosakata kelamin harus dilawan
dengan kelamin lagi."

Jadi, biar saja itu urusannya Saut dan Wowok dan konco-konconya. Jadi, soal
penggunaan "dramatis" juga terlalu berlebihan. Biasa sajalah. Kalau GM dan KUK
dikritik orang, biasa sajalah. Rumah Dunia tidak merasa mendramatisir. Bagi
saya pribadi, GM dan KUK biasa saja. GM adalah seniman dan saya membacanya.
Tapi, saya tidak bergantung pada GM dan KUK. Jadi, biasa sajalah. GM, Saut,
Niewan, Sitok, Maneke sendiri, bagi saya, biasa sajalah. Kalian manusia. Mau
berbaik-baik dengan saya dan Rumah Dunia, mari. Tidak, ya biasa sajalah. Kami
tidak akan repot karena hal itu.

Nah, ini ada penggalan lagi dari MB:

Namun, jika kritiknya dilontarkan dengan cara kasar seperti yang dipertunjukkan
oleh Rumah Dunia Banten, saya khawatir simpati masyarakat justru berbalik
kepada TUK, dan para pengkritiknya malah yang akan dapat label sebagai kelompok
norak yang tak punya
kesantunan....

Hehehe, MB memang kurang riset dalam menulis nih. Rumah Dunia itu sebuah
komunitas di Serang Banten. Kegiatan reguler tahunannya bernama "Ode Kampung".
Ini kali yang kedua. Yang pertama temu sastrawan, dan yang kedua temu
komunitas. Se-Nusantara lho, may pren. Undangan kami sebar di milis-milis.
Siapa saja boleh datang. Ini pesta komunitas. KUK juga komunitas seperti Rumah
Dunia 'kan.

Hanya sayang, mungkin KUK tidak ikut atau terdaftar sebagai anggota di
milis-milis yang kami ikuti; pasarbuku, pojok teater, publik seni, penyair,
sehingga luput dari peristiwa sastra ala kampung ini (tapi, bukankah kita ini
berasal dari kampung, ya?).

Sementara komunitas2 sastra dari Aceh hingga papua merespon dan ingin ikut
acara 'Ode Kampung 2" dengan hajatan bernama temu komunitas sastra
se-Nusantara" di Rumah Dunia. Jadi, panitianya juga bersama komunitas2 lain.

Nah, saat perayaan komunitas, semua komunitas tampil. Mereka melemparkan
uneg-uneg dan gagasan. Semua orang diberi kesempatan untuk menyuarakan
aspirasinya kayak rakyat ke wakilnya saja, hehehe...

Nah, komunitas sastra Indonesia meluncurkan jurnal Boemiputra. Ini peristiwa
kontroversial bagi saya secara pribadi. Saya dan teman-teman di Rumah Dunia
sebagai tuan rumah tentu tidak bisa melarang mereka. Semua komunitas berhak
mendapatkan waktu untuk bicara. Wah, berani juga nak2 kasi (Wowok dan Saut)
meledek GM dan KUK. Haha.... ternyata mereka tidak memberhalakan GM dan KUK.
Saya angkat topi juga, walaupun saya bilang ke mereka, sorry, may pren, saya
nggak ikutan dengan BP. Cara saya lain melawan hegemoni sebuah komunitas.
Hahahaq...

Lalu, muncullah surat pernyataan Ode Kampung yang nolak 3 hal itu; MB baca lagi
deh di blog, atau search di google.

Jadi, mungkin bisa memberi gambaran ya.
Nah, kami memang menyayangkan KUK nggak hadir.
Tapi, itu salah KUK sendiri, karena tidak down to earth, hehehe..
Bisik2 tetangga, KUK itu adanya di menara gading.
Bahkan berani mengklaim, ukuran sastrawan tidaknya seseorang harus lewat KUK.
Jadi, saya tahu diri, kalau hajatan ode kampung nggak akan masuk hitungan KUK.

Biar sajalah..... toh, kami di Rumah Dunia sudah mengundang secara terbuka.
Kami memerlakukan sama kepada semua komunitas. Tidak ada yang kami anggap lebih
satu dari komunitas lainnya.

Begitulah, semoga Maneke Budiman bisa memahami persoalan dan mulai hati-hati
saat menulis, supaya tidak terkesan asal menulis ya, may pren.

Pis sajalah.

Tetap semangat dan berkarya dan berteman

gola gong
penasehat rumah dunia

ps. semoga MB membaca tulisan saya.

___________________________________

From: Angga Subali, Yogyakarta
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

Tantangan untuk Saut Situmorang si penghina perupa Indonesia

Wah wah wah!
Si Kentut Situmorang memang tai kucing, cing!
Bisanya bacot melulu, tapi bilang orang lain yang mbacot!
Terbukti dari semua tulisannya bahwa saut itu tolol bin goblok, tapi bilang
orang lain yang seolah gak ngerti apa-apa. Suka nantang-nantang lagi! Sarjana
S1 saja kok bangganya minta ampun. Udah gitu, bangga-banggain bule yang adalah
bininya sendiri lagi! Malu kang, malu!

Belum lagi dalam tulisannya yang pake huruf besar semua itu!
Walah! Dia merendahkan para perupa Indonesia, men! Sambil bangga doyan bir!
Padahal aku tahu bener kayak apa hidupnya Saut itu!

Demen banget dia itu nongkrong di rumah Agus Suwage, salah satu pelukis sukses
yang juga sesekali memberi ilustrasi karya di Kompas yang kata Saut memble!

Berani kamu wahai Saut, bilang langsung kepada Agus Suwage bahwa karyanya
memble?
Aku jamin si pengecut kayak kamu gak berani. Mana mungkin, lha wong kamu sering
ngemis minta bir kepada Suwage kok!

Kamu pikir dengan merendahkan para perupa itu kamu gak nyinggung perasaan
mereka yang sebenarnya gak ikut apa-apa dalam debat kalian yang kacau-balau
itu?!

Kamu itu maumu apa sih saut? Gampang banget memaki orang, menghujat, menghina!
Padahal karyamu sendiri kayak tai kucing! Hasil bikinan mental jorok dan
pikiran busukmu! Sebusuk badanmu yang jarang mandi. Seapek rambutmu yang gimbal
gak pernah dikramas!

Tampang kamu aja kelihatannya angker kayak wedus gembel, tapi aku tahu, nyali
kamu kecil kayak ayam kate!

Kamu lari ke Jogja kan karena gentar ketakutan, karena mau digebuki teman-teman
di Bali?!

Memangnya orang gak tahu bagaimana kelakuan kamu?

Dasar tukang hujat, tukang menghina! sudah menghina banyak orang, melecehlan
agama lain, sekarang melebar merendahkan para perupa Indonesia pula!

Aku orang jogja, hei Saut! Aku tahu di mana kamu tinggal, ke mana saja kamu
keluyuran!

Jangan sok jagoanlah kau! Pakai nantang-nantang orang segala.
Kalau mau berantem, berani kamu lawan aku? ha, berani?
Mau duel dimana? Di alun-alun kidul? Alun-alun lor? Atau di tempat yang lebih
sepi di lereng Gunung Sempu?

Ayo, tentukan saja tempatnya, kapan waktunya!

Jangan diem kayak banci ya Saut!

Aku tunggu jawaban kamu!

si penantang,

Angga Subali
kelurahan tegalgendu, jogja.

e-mail: [EMAIL PROTECTED]
  blog: http://mediacare.blogspot.com

Yahoo! oneSearch: Finally,  mobile search that gives answers, not web links.

Kirim email ke