Wowok pernah bicara dalam sebuah acara Hiski di Depok. Soal Perda Tangerang,
posisinya tegas: ia melawan perda ini. Namun, dalam soal TUK (atau khususnya
GM), ia tampaknya tidak berkompromi. Ada sejumlah persoalan yang ia sinyalir.
Sayangnya, persoalan-persoalan ini tercampur-aduk dengan macam-macam isu lain,
yang tampaknya bukan menjadi concern utama Wowok, melainkan gado-gado dari
aspirasi kumpulan seniman dari berbagai latar belakang di acara yang bertempat
di Rumah Dunia Banten. Ada yang maunya anti-pornografi, ada yang anti
neo-liberalisme, ada yang anti-dominasi pusat atas pinggiran (kampung?), ada
yang anti TUK, dll dsb.

Kembali soal TUK, seperti saya katakan, ada banyak statements ditujukan buat
TUK. Sayangnya lagi, statements ini masih tinggal sebatas kumpulan pernyataan.
Padahal, kekuatan para seniman yang kumpul di Rumah Dunia ini besar sekali.
Jika saja mereka mau mencurahkan pikiran secara serius untuk melancarkan kritik
seni yang mendalam dan berbobot atas TUK, maka kita mungkin saat ini sudah
menyaksikan sebuah revolusi pemikiran dalam kesenian Indonesia kini. Potensi
yang menjanjikan ini kini pupus total akibat ulah sebagian peserta temu seniman
Nusantara itu, seperti Saut Situmorang dan Wowok Hesti Prabowo. Maka itu, tak
heran jika sebagian seniman lain tak sependapat dengan cara-cara yang ditempuh.

Saya cuma prihatin bahwa kita kembali terperangkap dalam perang slogan dan
perang statement. Polemik ini akan dicatat dalam sejarah seni Indonesia sebagai
polemik yang cuma penuh kebisingan, tapi tak ada isi yang berarti. Saya merasa
TUK akan cuek dengan segala teriakan dan makian, dan mereka baru akan
menggeliat jika ada kritik yang cukup serius dan komprehensif terhadap mereka.
Mungkin ini saatnya para penanda tangan Ode Kampung yang non-simpatisan Saut
dan Wowok untuk tetap menghidupkan semangat kritis Ode dengan cara yang lebih
mencerminkan ke-kesenian-an? Hanya mereka yang bisa menyelamatkan polemik ini
dari akhir berupa tragikomedi...

manneke