Salam untuk Baramuli,

Jawaban saya ada dibawah pertanyaan atau pernyataan anda.

On 9/26/07, Wielsma Baramuli <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Salam balik untuk "sang Pengamat"'
> Apakah gak salah amati nih? Misalnya, apa benar komunisme sebagai ideologi
> bisa jalan bareng ama agama? Apalagi diusung oleh satu kelompok yang sama?
> Ach! Yang benar dong...

Secara normal memang tidak bisa. Tapi jika komunis berbungkus agama, sangat
mungkin. Ingatlah dahulu kala dimana Sarikat Islam pecah menjadi dua, yaitu
SI putih dan SI merah, dan SI merah inilah cikal bakal PKI.

Lagi pula menyamakan begitu saja dan apalagi menuntut pembubaran berdasarkan
> persamaan yang disamakan itu sangat irasional bahkan naif! Wajar memang ada
> perbedaan pendapat dan prokontra dalam masyarakat (ini sekaligus menunjukkan
> adanya kehidupan dalam masyarakat tersebut). Kalau wajar mengapa anda
> jadikan prokontra itu sebagai dasar pembubaran?

Saya tidak mengatakan untuk membubarkan organisasi seperti FPI, gank HD
maupun KUK.
Saya mencoba menempatkan diri saya kepada mengapa ada orang yang kontra
terhadap FPI, gank HD maupun KUK. Masalah bubar-membubarkan, bukanlah
kapasitas saya.

Masalahnya menjadi lain, jika satu kelompok merasa paling absah dan benar
> idenya dan memaksakan ide itu untuk diterapkan dengan menggunakan kekerasan,
> maka mereka patut dihukum atau dibubarkan dalam usul anda itu. Makanya kalau
> FPI, sudah terbukti sih menghalalkan kekerasan untuk menerapkan ide mereka,
> patutlah dibubarkan. Kalau KUK, saya belum menemukan bukti sih kalau mereka
> senang memaksakan kehendak dengan menggunakan kekerasan, mengapa harus
> dibubarkan? Kalu HD? I no have idea!

Menurut orang yang pro FPI, FPI melakukan tindakan kekerasan kepada
pihak-pihak yang mengancam norma kesuilaan masyarakat yang tidak dapat
diatasi oleh aparat kepolisian. Sedangkan yang kontra FPI melihat tindakan
FPI sebatas kekerasan.

Menurut orang yang pro KUK, KUK melakukan tindakan tanpa kekerasan dan hanya
berkarya seni dan mengungkapkan ide-ide baru. Sedangkan yang kontra KUK
melihat tindakan KUK bagaikan api dalam sekam yang sewaktu-waktu bisa
membakar, seperti ideologi lenin, marxis dan komunis di awal-awal
pekermbangannya ?

So, apa bedanya FPI & KUK ?
Sama-sama ada yang pro dan kontra.

Begitu bung! Aya...aya... wae!