Ada yang minat?

  ----- Original Message -----
  From: Nanang Supriatna
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Cc: mediacare@yahoogroups.com
  Sent: Friday, October 05, 2007 6:02 AM
  Subject: [pantau-komunitas] Tawaran Hasil Liputan

  KAMPUNG Susuru terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Panawangan
  Ciamis, Jawa Barat; Sebuah kampung yang berada di atas perbukitan, dri dari
Kota Ciamis sekitar 30 kilometer. Secara fisik Kampung Susuru yang bisa
dikatakan terpencil ini tidak berbeda dengan umumnya perkampungan Sunda di Jawa
Barat.
  Suatu hal yang membedakan dengan kampung lainnya adalah beragamnya agama yang
mereka anut, Islam, Katolik, dan aliran kepercayaan dan itu telah berlangsung
ratusan tahun. Mereka biasa hidup berdampingan, meski secara religi berbeda.
Mereka menjungjung tinggi kebersamaa sehingga sangat meminimalkan konflik yang
mungkin akan timbul.
  Memang di daerah perkotaan yang lebih heterogen, kosmopolit dan yang
mendiaminya sudah aing-aingan (bs. Sunda: cuek, masa bodo) keadaan tersebut
tidaklah aneh. Akan tetapi,  tapi di kampung Sunda yang umummnya homogen
--konon Sunda adalah Islam dan Islam adalah Sunda-- dan hubungan sosialnya
sangat akrab, tidak seperti di kota, merupakan suatu "keanehan" sendiri,
apalagi di tengah-tengah keadaan yang gampang sekali terjadi konflik.
  Di Kampung Susuru pemandangan umat Islam mengikuti perayaan Natal dan
mengucapkan selamat Natal kepada umat Nasrani merupakan hal biasa. Padahal
sebagian ulama berpedapat mengucapkan selamat Natal adalah perbuatan murtad.
Demkian juga, umat Nasrani ikut merayakan dan mengucapkan selamat Hari Raya
Idul Fitri kepada umat Islam. Sudah biasa pula, umat Islam ikiut bergotong
royong memperbaiki gereja, demikian juga umat Nasrani yang membantu membangun
atau memperbaiki mesjid.
  Saya bermaksud taun ini ber-Lebaran di Kampung Susuru dan saya akan meliput
suasananya termasuk mendokumentasikannya untuk kepentingan pribadi. Bulan
Desember, pada malam Natal saya juga akan ke Kampung Susuru. Sepengetahuan
saya, belum ada media massa yang menulis tentang bagaimana suasana perayaan
keagaamaan di Kampung Susuru. Oleh karena itu saya menawarkan hasil liputan
Hari Raya Idul Fitri di Kampung Susuru kepada rekan-rekan pengelola media masa,
baik cetak maupun online. Atau barangkali ada rekan-rekan jurnalistik yang mau
ikut meliput? Silakan hubungi saya secepatnya lewat email atau Hp saya,
0811235329. Mulai hari Selasa, 9 Oktober 2007, saya sudah berada di luar kota
yang belum ada jaringan telepon sehingga tidak mengakses internet.

  Check out the hottest 2008 models today at Yahoo! Autos.