On Thu, 15 Feb 2001 04:29:33 +0700
Yudho <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Buat rekan-rekan di Balung, minta tolong gimana caranya untuk membuat
> driver/modul SoundCard.
> Untuk linux kan ada dua SC yang bisa jalan yaitu ESS atau Sound Blaster.
> Lha, SC saya OPTI Audio 16.

lho, sapa bilang soundcard yg jalan di linux cuma ESS ama sound blaster ?
ada banyak souncard kok yg disupport ama linux, sorry aku belum pernah
nyoba install opti, jadi gak tau udah disupport ato belon
tapi aku mau sharing pengalaman nih, waktu aku nyoba install soundcard
yamaha dan kebetulan tipe soundcard yamaha yg satu ini belum disupport ama
driver OSS (Open Sound System), nah waktu itu aku coba download
driver alsa (advanced linux sound architecture) en sukses, kalo gak salah
alsa driver ini support unt chipset opti 82C9xx jadi kemungkinan
soundcardmu bisa didetect

sekalian ngingetin, kalo mau install suatu device di linux, kalo bisa liat
chipsetnya, jangan cuma merknya

kalo mau download alsa, bisa diliat di http://www.alsa-project.org

> Nah mungkin ada rekan-rekan di milis ini yang bisa membuat modulnya.

kalo modulnya udah ada knapa nggak make yg ada aja, nggak perlu bikin
sendiri...jadi nggak perlu 're-invent the wheel' lah

> Terima kasih
>
> Yudho

HTH
--