DNS adalah domain name server / domain name service. yaitu sebuah aplikasi yang berguna untuk menterjemahkan alamat url ( seperti : www.detik.com ) ke alamat IP komputer detik itu sendiri. sebenarnya di dunia internet hanya dikenal alamat IP. untuk membuka sebuah web kita harus mengenal alamat ip itu sendiri ( misal kita ketikkan lambung http://202.127.x.x di browser, bukan www.detik.com ). tapi itu sangat menyusahkan pengguna internet untuk mengingat angka - angka tersebut. oleh karena itu dibuat mekanisme DNS. jadi alamat IP tersebut bisa di ALIAS kan menjadi kalimat seperti : detik, google, komputeraktif dll. nah tugas DNS server ini adalah menterjemahkan kalimat url tadi ke IP. sehingga web yang kita maksud bisa terbuka. jumlah DNS serve di dunia ini sangat anyak, dan mereka saling mensinkronkan satu sama lain agar selalu terupdate.

regards,
fauzul arifin

----- Original Message ----- From: "f®eÐê®!cK" <[EMAIL PROTECTED]>
DNS itu seperti database yang menyimpan informasi tentang hostname dan domain