From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of Albert Siagian
Sent: 26 Mei 2005 13:10
To: milis-komputeraktif List Member
Subject: [milis-komputeraktif] Password dokumen {02}

Sangat efektif, dengan catatan:
1. Password minimal 10 karakter
2. Password terdiri atas gabungan huruf besar, kecil, angka dan tanda baca.
3. Password _tidak_ pernah di tulis/disimpan dalam bentuk apapun (kertas,
meja, dompet, dan sejenisnya). Artinya, password wajib dihapal.
4. Password tidak pernah dibagikan, kecuali pada orang yang bisa dipercaya.
5. Gunakan passphrase sebagai password.
6. Karena wajib dihapal, anda tidak boleh mengigau waktu tidur kali
yah...nanti mengigaunya sebut password tersebut...hehehe...

Contohnya:
1. password "DAVIDDJOKOPRIYONO", walaupun panjang, sangat tidak efektif.
Gunakan "D4v!dDj0k0Pr1y0nO"
2. Gunakan passphrase Password "Saya tidak suka Password Panjang-Panjang,
karena saya pelupa"

Password diatas tetap bisa dijebol, tapi kemungkinan besar baru bisa dijebol
puluhan tahun mendatang :-)

Salam
Albert