1. Bisa, kalau yang pernah saya buat dengan PC2 tua, dari jaman 486 itu dgn cara dicolokin semua ke hub/switch aja, sederhana kan? jadi workgroup, atau mungkin anda mau coba model ring/bus? Saya belom pernah mencoba 2 model itu :D 2. Setiap folder & printer yang mau di share, di set untuk bisa diakses dr tempat lain 3. Pingnya pasti ke 127.0.0.1 kah? Local Loopback donk? tanpa network itu pasti bisa juga, setiap komputer IPnya udah di set kan? Karena ngga ada server buat DHCP, jadi IPnya ngga bisa di-assign otomatis, harus di set di tiap2 komputer 4. Engga juga sih, waktu itu pernah berjam-jam dirumah teman sekampus untuk trouble shooting komputer yang jaringannya spt anda juga, jadi ngga ada server, dari kamar yang 1 terhubung ke komputer di kamar yang lain, udah dicek dimana2 ngga masalah, trus untung terpikir untuk melihat kabelnya, ternyata di crimping asal-asalan, jadi warnanya itu semau-mau dia, nah itu switch sama LAN Cardnya pasti kedip2 juga, tapi ga ngapa-ngapain
Best Regards,
Frederick
----- Original Message ----- From: MIS.TGR
To: milis-komputeraktif List Member
Sent: Wednesday, July 13, 2005 7:26 PM
Subject: [milis-komputeraktif] tentang jaringan {01}

Teman2 ada yg bisa bantu dgn masalah saya ini.
Saya sedang mencoba membangun sebuah networking tapi tanpa adanya komputer yg dijadikan sbg server.
Ada 5 buah komputer yg saya ingin hubungkan dgn menggunakan switch.
Ke 5 komputer tsb saya install dgn OS yg berbeda2, ada Win98, WinMe, WinXP, Win2000
Pertanyaan saya :
1. Bisakah tanpa adanya komputer server, ke 5 komputer tsb dibentuk.
2. Bagaimana cara nya agar ke 5 komputer tsb dpt saling sharing folder dan printer. 3. Saya sudah memasang Ethernet Card di tiap2 komputer, dan ketika saya mem-ping komputernya berhasil,
tetapi saat mem-ping komputer yg lain selalu gagal, kenapa ya.
4. Apakah kalo tanda lampu di ethernet card dan di switch menyala berarti tdk ada masalah dgn kabelnya.
Maaf pertanyaan nya banyak, tapi saya benar2 bingung utk masalah ini.
Sebelumnya saya berterimakasih utk teman2 senior yg mau meluangkan waktu utk membantu saya ini.