Sekedar tambahan aza buat yg belon tau:

Untuk batere jenis NiMH & NiCd/NiCad sebelum di-charge
sebaiknya batere di kosongin dulu (discharge) sampai 0%
(Charger yg bagus biasanya ada fasilitas untuk discharge atau re-fresh)
untuk mencegah memory efek pada batere.

Sebaliknya untuk batere jenis Li-Ion & Li-Poly jangan nunggu sampe kosong,
sebaiknya di-charge pada saat kapasitasnya tinggal sekitar 30%

Untuk semua jenis batere, klo lagi nge-charge jangan sampai overcharge
karena bisa ngerusak batere bahkan kadang2 bisa meledak.
Jadi sebaiknya pake charger yg otomatis mati klo batere udah penuh.

Semoga berguna & tolong dikoreksi kalo ada yg salah yaa........

Coyo