Kagem agussa/Agus,

Coba cek di bios, voltage rail 3.3v, 5v dan 12 volt. Apa udah turun
signifikan sampe 10% lebih bagus kalo Anda punya multitester digital
(lebih akurat) Kabel kuning 12 volt, merah 5v dan orange 3v. Coba Liat juga apa
psu Anda udah sangat panas,
atau sampe ada bau hangus. Lihat juga apa ada komponen, atau kabel2
di psu yang udah mulai menghitam.
Sebenernya ada juga situs web yang menyediakan perhitungan kasar
penggunaan daya yang dipake satu unit system. Cuma say lagi nggak bisa
browsing.
Kalo meliat dari system Anda sepertinya watt segitu udah cukup
memenuhi. Walupun yang tertulis 350 watt tapi jika bukan merk yang
ternama ataupun "truepower" maka dapat diasumsikan bahwa daya yang
dikeluarkan kadang jauh dari itu (cuma klaim produsen) disamping
efisiensi yang rendah misal panas yang kebuang, hambatan kabel yang
besar dll. Efisiensi psu kalo nggak salah yang sedang/baik sekitar 80%
saja.

PSU fanless biasanya sangat mahal. Ada beberapa psu yang cukup silent
karena memasang fan yang lebih besar (misal 12 cm) dengan putaran yang
rendah. Tapi biasanya juga cuma ditemui di psu kelas 400 ribu keatas.
Tapi kalo memang menyadari psu sangat vital. harga segitu pantas
dengan data yang mungkin sedang anda kerjakan, disamping mesti juga
ada stabiliser dan ups..
Mungkin merek enlight, enermax atau delta dengan watt dibawah 500 watt
masih sangat layak buat penggunaan standar harian dan nggak terlalu
mahal.

--
Nuwun,
siBass                            mailto:[EMAIL PROTECTED]

Monday, March 13, 2006, 1:51:08 PM, sampeyan nyerat mekaten: