Belum tentu ngga kena virus loh :-)

Jumlah virus saat ini sekitar 200 ribu jenis. Ada berbagai cara virus
bekerja, ada yang "unjuk gigi", ada yang diam-diam saja. Mungkin saja
komputer anda sudah pernah kena virus, tapi bukan jenis virus "unjuk gigi"
melainkan "silent mode", jadi anda merasa ngga kena virus :-)

> Padahal kira-kira 4 jam seminggu kita surfing internet
> cari-cari berita atau topik pelajaran anak saya.
> Beberapa bulan lalu karena tertarik ulasan Antivirus gratisan
> dari CD majalah komputer, maka kita sepakat install.
> Lha... gak sampai satu bulan setelahnya, virus-virus malah
> berdatangan. Saya juga tahunya setelah bolak-balik ditegur
> staff IT di kantor karena flashdisk yang saya bawa dari rumah
> membawa virus (kadang saya bawa kerjaan juga ke rumah). Anak
> saya juga infect kompi dikelasnya. Saking banyaknya, saya
> nggak ngingetin, virus apa saja. Tapi yang banyak jenisnya
> [...]

Anti-virus itu bekerja seperti polisi dan maling, saling berkejaran. Kalau
vendor pembuat anti-virus terlambat mengeluarkan update AV, dibandingkan
penyebaran virusnya, maka bisa saja terjadi pada yang anda ceritakan.
Lagipula, tahun 2006 ini lagi gencar-gencarnya virus buatan orang Indo, yang
menyerang flash disk. Virus lokal ini biasanya yang terlambat dibuatkan
anti-virusnya oleh vendor luar. Tahun-tahun sebelumnya memang sudah ada
virus lokal, tapi modusnya berbeda.

> Lagipula saya dan anak saya gak suka juga jalan-jalan ke site
> gak bener ;-( Kenapa gitu ya, bung Albert?
> Saya malah ngerasa, ibarat memasang penangkal petir...
> eh..malah petirnya bolak-balik nyamber...

Jaman dulu, anti-virus hanyalah anti-virus. Kebanyakan anti-virus sekarang
sudah membuat 1 paket yaitu, anti-virus, anti-spyware, Internet protection,
dsb. Jadi kalau anda katakan "petirnya bolak-balik menyambar", mungkin saja
itu bukan karena virus, tapi karena proteksi lainnya.

Salam
Albert