Bios tidak bisa mendeteksi secara otomatis untuk floppy drive, untuk floppy drive harus di pilih secara manual pada bios.  Bios tidak akan mendeteksi apakah floppy drive rusak atau tidak.  Saran saya, lakukan beberapa test untuk membuktikan yang manakah yang rusak, apakah floppy drive atau disket.  Pertama ganti floppy drive yang sekarang ini dengan floppy drive yang baik, atau floppy drive sekarang test dengan komputer lain apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk mengetesnya tentu dengan memasukan disket apakah bisa terbaca atau tidak.

Jika floppy drive tersebut telah anda tes dan berfungsi dengan baik pada komputer lain, berkemungkinan floppy drive controller pada motherboard komputer anda bermasalah. jika ini terjadi setahu saya jarang diperbaiki.

Solusinya, jika anda tetap ingin mengakses disket tersebut, anda bisa menggunakan usb floppy drive external atau jika tidak mau menambah biaya, anda bisa menggunakan komputer lain untuk mengakses disket lewat network atau per to per, dengan cara men sharing drive A pada komputer yang akan anda gunakan untuk mengakses floppy tersebut.
cara lain, bisa juga dengan menambah kartu input output(IO Card) tergantung mana yang lebih murah :)

Untuk kedepannya disket mungkin tidak digunakan lagi laptop/notebook keluaran sekarang tidak mensupport lagi disket, sebaiknya anda pertimbangan untuk menggunakan flashdisk.

Redy