Untuk proteksi VCD/DVD biasa digunakan software seperti seperti cdshield, cd protektor dll, untuk lebih lengkapnya cari di google kata kunci "copy protected" atau "cd protector" anda akan mendapati banyak link. Biasa cara proteksi cd itu dengan menyisipkan data rusak dimana ketika dicoba di copy data tersebut tidak bisa dibaca sehingga copy selalu gagal. Software-software tersebut tentu tidak gratis, dari software yang saya test, CDShield sepertinya bagus untuk mengamankan VCD/DVD anda, setidak-tidaknya mengurangi resiko kerugian karena pembajakan :)

Setahu saya sih, gimanapun anda memproteknya tetap aja bisa di copy. beberapa software yang beredar di internet telah bisa mendeteksi proteksi-proteksi tersebut. Meskipun begitu yang gak bisa dibajak tentu Hak Ciptanya :)

Redy