  From: Redy
  To: milis-komputeraktif List Member
  Sent: Tuesday, February 20, 2007 7:53 PM
  Subject: [milis-komputeraktif] Booting OS {04}

  Pengalaman saya, kalau kita buat dua system(windows misal win98 dan winxp) di
satu komputer. Di  C:\ ada file boot.ini yang di sembunyikan dengan atribut
+s(system) +a(archive) +r(readonly) +h(hidden) secara normal kalau di lihat
dengan perintah dir gak kelihatan, untuk melihat harus dengan dir /ah, untuk
bisa mengedit dan menyimpan perubahan  dengan mengubah attribut file boot.ini
dengan perintah  attrib  -s -a -r -h, setelah itu bisa digunakan editor notepad
atau edit.exe, perintah perintah tadi di jalankan melalui dos promt (C:\).

  File boot.ini isinya seperti dibawah ini:
  [boot loader]
  timeout=30
  default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS
  [operating systems]
  multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS="Microsoft Windows XP
Professional" /noexecute=optin /fastdetect
  C:\="Microsoft Windows"

  Secara default windowsXP merupakan system pertama kali yang akan dijalankan
jika selama 30 detik kita tidak melakukan pilihan apakah windows98 dan
windowsXP.  untuk menjadikan windows98 sebagai default kita tinggal memindahkan
baris C:\="Microsoft Windows"  ke default dan default yang sudah ada
dipindahkan ke tempat C:\="Microsoft Windows" tadi.

  Saya rasa ini tidak jauh berbeda dengan linux dan windowsXP tergantung dari
yang mana terakhir di install kalau salah mohon di koreksi karena kebetulan
saya belum pernah mencoba menginstall linux dan windowsxp disatu komputer.

  Mungkin ada yang sudah pengalaman silahkan kasih masukan buat teman kita ini

  Redy