Sekedar sharing cerita mengenai pengetahuan mengenai susu nih.

Sudah 4 bulan ini anak2 saya (usia 6 dan 3 tahun) susu nya saya ganti dengan susu segar (maaf kalau saya tidak boleh menyebutkan merek susunya), susu yang dijual di supermarket, selalu diletakkan di bagian lemari pendingin, hanya tahan tidak lebih dari 5  hari) – susu yang sudah dipasteurisasikan. Alhasil, anak2 saya yang biasanya gampang sakit/flu/batuk, sudah 3 bulan ini sehat2 terus.

Saya kerjakan ini karena mengikuti saran dari salah satu DSA yang saya kunjungi. Dia malah menyarankan untuk berlangganan susu segar, yang diantar ke rumah (susu sapi perah, yang mana kita harus masak sendiri dengan suhu 70-80 derajat celcius, jangan sampai mendidih). Dengan alasan kurang praktis, maka saya memilih susu segar yang sudah dipasteurisasikan. Untuk susu UHT pun, dengan pemrosesan yang menggunakan temperature tinggi, akan menyebabkan beberapa vitamin dan mineral dalam susu akan hilang.

Juga untuk ibu hamil (saya sendiri sedang hamil anak ke-3, usia kehamilan 15 minggu), paling bagus minum susu segar. Apalagi mengingat ibu hamil sudah mengkonsumsi pre-natal vitamin, contoh folamil.

Semoga informasi saya ini dapat membantu.

Terima kasih.

-Nana-