Dear Mamanya Velli,
Sekedar sharing aja ya mbak...
Kalo berdasarkan pengalaman saya dulu, saya sudah melatih Dea, anak saya,
toilet training sejak dia sudah bisa duduk sendiri, jadi sekitar umur 8
bulan saya sudah bawa Dea duduk di toilet baik untuk pipis maupun pupu...

Waktu itu perjuangannya lumayan juga sekitar 2-3bulanan...  saya masih ingat
umur setahun Dea dah gak ngompol lagi, eh... kadang2 deh masih, kalo
siangnya mainnya terlalu cape dan tidurnya puleeess banget sama banyak
minum, kalo malem2 pengen pipis suka bangunin aku.... lucu deh...

Waktu pertama kali Dea saya dudukan di toilet, reaksi pertamanya adalah
kelihatan bingung dan kemudian  nangis histeris, teriak2 minta turun...
begitu seterusnya sampai sekitar 2 bulanan...
Nah... tinggal kitanya tuh mbak yg mesti pinter2... kebetulan di rumah saya
itu banyak cicak dan dea waktu umur segitu seneeeng.. banget sama cicak,
jadi saya tunjuk2 aja cicak sambil nyanyi cicak2 didinding....  diajak
ngobrol, bercanda atau apa aja yg bisa mengalihkan perhatian dia.... sambil
gak bosen2nya kasih tahu si kecil kalo mau pipis atau pupu di toilet
tempatnya.... nah kalo perhatiannya sudah teralihkan anak kita kan pasti
duduk dg tenang ya mbak...

Tp yg paling penting mesti sabar ya mbak... pasti butuh waktu.... jangan
terus marah2in anak kalo gak mau... ntar malah trauma lagi...

 O ya jangan lupa... toiletnya di pakein dudukan toilet yg khusus anak yg
dibungkus plastik yang ada busanya yg bisa di pasang di toilet biar bisa pas
sama pantat si kecil... jadi si kecil bisa duduk dengan nyaman...

Maaf nih sharingnya kepanjangan, mudah2 bermanfaat, maaf kalo ada yg kurang
berkenan.

Selamat berjuang....
Laxmi