iya mbak....sebenarnya semua saran-2 dari milis udah sy coba. mulai minum air putih, yogurt, buah, VCO,dll sekarang anak saya BAB-nya gak keras sih, cuman keliatannya dia trauma BAB keras waktu dulu.sehingga sampe sekarang takut BAB jadi dia tahan (dia jepit pantatnya )supaya gak keluar...nah kalo udah 3-4 hari kan jadi keras tuh..terpaksa sy beri dia dulcolax anak biar BAB ( krn kalo udah dikasi obat, pasti dia gak bisa nahan-2 BAB lagi..). Tiap pagi udah sy coba dudukin di toilet dg alas duduk khusus anak-2.Cuman ya gitu sambil teriak-2 nangis kenceng bgt. Mungkin ini satu kegagalan saya dalam melatih anak utk BAB ya bu...karena saya bekerja dari pagi sampe sore, dan anak saya hanya dijaga ama pembantu di rumah yg notabene gak mau repot gitu. Saya lumayan stress juga nghadapin ini. Anak saya maemnya banyak smentara BABnya jarang-2.

Maaf...kalo kepanjangan "curhat"nya

----- Original Message ----- From: "Yuliana Dewi" <[EMAIL PROTECTED]>
To: "milis-nakita List Member" <milis-nakita@news.gramedia-majalah.com>
Sent: Wednesday, October 04, 2006 5:06 PM
Subject: [milis-nakita] Dulcolax Anak {02}

Dear Mbak Dina,

Seingat saya, mbak Dina yang pernah tanya soal anak susah BAB ya? Masih susah juga ya mbak sampe pake obat pencahar? Mbak, saya gak tau apa efeknya,... tapi kayaknya pake obat2an terus menerus kok agak menghawatirkan ya. Gimana dengan pola makan anaknya? apakah seratnya cukup? buah dan sayur? atau mungkin dicoba yoghurt? atau oatmeal? Kalo pengalaman saya, kebetulan anak saya suka sekali dengan buah dan sayur juga sering sarapan oatmeal, jadi BABnya lancar aja, selain itu udah dibiasain BAB tiap hari sejak bayi. Tapi kalo sehari saja saya gak kasih sayuran/buah atau dia tdk BAB, besoknya emang jadi keras dan agak ngeden walaupun belum pernah sampai parah.

rgds,
yuli