Tuberkulosis adalah penyakit menular yang sebagian besar disebabkan oleh kuman
Mycobacterium tuberculosis. Kuman tersebut biasanya masuk ke dalam tubuh
manusia melalui udara pernafasan ke dalam paru. Kemudian kuman tersebut
menyebar dari paru ke bagian tubuh lainnya, melalui sistem peredaran darah,
sistem saluran limfe, melalui saluran nafas (bronchus) atau penyebaran langsung
ke bagian-bagian tubuh lainnya. TB dapat terjadi pada semua kelompok umur, baik
di paru maupun di luar paru.

Karena TBC penyakit yang bisa ditularkan melalui udara, sangat dikuatirkan TBC
yang anda derita bisa menular ke anggota keluarga atau orang-orang di sekitar
anda. Sebab, percikan dahak dari penderita TBC yang dikeluarkan dari batuk bisa
bertahan beberapa jam pada suhu kamar. Artinya, kuman TBC itu masih tetap aktif
dan bisa dihirup oleh orang lain. Inilah yang menyebabkan mengapa seorang
penderita TBC harus berobat hingga tuntas agar tidak menularkannya kepada orang
lain.

Pada dasarnya, ketika seseorang terserang penyakit, bukan disebabkan oleh kuman
atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Melainkan sistem kekebalan tubuh menurun.
Daya tahan tubuh yang menurun itulah yang membiarkan kuman dan virus masuk,
bahkan mungkin menyebar ke organ-organ tubuh lainnya. Begitu pula yang terjadi
pada liver anda, obat hanyalah pemicu, sedangkan penyebab utamanya adalah daya
tahan tubuh yang turun drastis.

Menurunnya daya tahan tubuh bisa disebabkan oleh pola dan gaya hidup yang salah
dan kurang sehat. Misalnya, ketika makan tidak memperhatikan apakah makanan
tersebut sudah mengandung gizi yang cukup untuk tubuh; malas berolahraga;
kurang menjaga kebersihan tubuh, sanitasi dan lingkungan.

Herba produk HPA sama sekali tidak mempunyai efek samping, karena herba-herba
tersebut murni dibuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet, kimia
sintesis dan zat-zat lainnya. Yang ada adalah DOC, direct of cures, proses
reaksi positif. Misalnya, tubuh menjadi lebih sakit atau berpindah tempat.
Padahal, tanpa DOC, belum bisa dikatakan ada proses penyembuhan yang berarti.
Hanya sayangnya, banyak yang salah menilai bahwa DOC itu adalah efek samping.
Efek samping terjadi karena obat yang diminum mengandung zat kimia sintesis,
sehingga menyebabkan di satu sisi obat tersebut bersifat menyembuhkan, tapi di
lain sisi juga menyerang bagian tubuh yang lain.

Ada baiknya anda rajin berjemur di bawah matahari pagi. Lebih dianjurkan
berjemur sambil olahraga kecil seperti jalan-jalan, karena olahraga sekitar
30-45 menit akan membuat peredaran darah ke jantung dan paru-paru menjadi lebih
lancar. Sementara matahari pagi banyak mengandung Vitamin D sangat baik untuk
mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan paru-paru dan tulang.

Di samping itu, berikanlah sayur-sayuran dan buah-buahan. Khusus sayuran,
sebaiknya yang berwarna hijau gelap. Karena sayuran jenis ini banyak sekali
mengandung vitamin D guna mempercepat proses penyembuhan.

Semoga bermanfaat

Toto