Mba, saya nggak punya artikelnya, tapi ada sedikit komentar dokter Hendra SPOG
di milis MLDI sbb:
===
"Susu utk ibu hamil pada dasarnya adalah susu sapi biasa yang ditambah
bermacam2 vitamin dan mineral serta terutama ditambah zat besi yang cukup
tinggi sehingga kerap mengorbankan rasa, menjadi tercium bau besi dan malah
menimbulkan muntah.
Tentu tidak akan mempengaruji apalgi menaikkan kadar hormon beta HCG.
Tentu saja boleh diminum kapan saja dan oleh siapa saja, asal doyan, jadi
minumlah bersama2 suami anda! "

Lalu menjawab apakah perlu susu untuk ibu hamil, jawabnya:
"Gak bu, asal komposisi makanan ibu terpenuhi dg baik, 4 sehat sudah cukup, 5
dg susu semoga sempurna; kalau tidak doyan susu jangan dipaksakan"

Lalu komentar dr. Wati:
"saya cuma mau urun rembug soal susu buat ibu hamil
TAK ADA BUKTI BAHWA SUSU BUMIL LEBIH CANGGIH
Jadi .. susu biasa saja deh ya .... lebih murah
Biar susu bumil diekspor aja hehehe (soalnya di luar Indonesia gak ada susu
bumil) dan uang kita ditabung buat biaya pendidikan anak)
Kedua, PILIH SUSU PLAIN saja ya
karena susu yang pakai rasa (rasa strawberry, coklat) sebetulnya kandungan
nutrisinya kurang dari susu plain"

semoga berguna,
yuli