Dear dokter & nakita-ers,

Sehubungan dg artikel dibawah, putri saya (16 bulan) sudah 3 hari ini ada
satu benjolan sebesar kelereng, di leher belakang sebelah kiri atas.
Sebelumnya ada bisul kecil, yg sekarang sudah pecah dan sudah bersih.
Benjolan tsb timbul setelah bisul pecah dan bila diraba agak keras namun
tidak sakit. Warna benjolan sama seperti kulit kepala (tidak merah spt
bisul). Aktivitas dan selera makan spt biasa, tetapi 2 hari ini badannya
agak panas.

Pertanyaan:       a. Apakah benjolan tsb merupakan kelenjar getah bening?

                        b. Bagaimana cara mengatasi benjolan tsb? Apakah
dapat kempes dengan sendirinya atau harus dgn obat?

                        c. Apakah suhu badannya meningkat karena benjolan
tsb?

Mohon pencerahannya, terimakasih sebelumnya.

- Esti - (Flora's mom)

  _____

Dear nakita-ers,

Semoga membantu

Salam,
Uttiek

BENJOLAN DI LEHER

Putra saya (3;10), BB/TB 16 kg/102 cm. Ia pernah terserang batuk dan pilek
disertai kenaikan suhu tubuh. Karena disertai panas, maka saya pun
membawanya ke dokter umum dan diberi antibiotik. Waktu ke dokter umum itulah
diketahui di leher anak saya timbul benjolan-benjolan kecil. Dokter
menyarankan untuk menghabiskan antibiotik yang diberikan, lalu memeriksakan
ke dokter anak. Setelah flunya sembuh, saya lihat benjolan-benjolan di
lehernya (walau kecil, sebesar kacang hijau) masih ada. Karena anaknya
sehat, maka tak saya hiraukan. Suatu hari anak saya muntah dan tidak
berselera makan dan badannya panas, lalu saya bawa ke dokter anak. Ternyata
ia terkena radang tenggorokan dan diberi antibiotik. Saat itu saya tanyakan
tentang benjolan tersebut dan dokter mengatakan tak ada masalah apa-apa.
Saya pun lega. Namun setelah membaca artikel di nakita "Bila Muncul Benjolan
di Tubuh Anak" saya jadi takut kembali.

Sebenarnya, apakah benjolan-benjolan kecil di leher anak saya itu normal?
Normalkah pertumbuhannya, apakah ia perlu tes mantoux? Apa gejala anak yang
dicurigai mempunyai kelainan pada paru-paru, misalnya adanya vlek? Terima
kasih atas kesediaan dokter menjawab pertanyaan saya.

Eveltine - Bogor, Jawa Barat

Normalnya di sisi kiri dan kanan leher dapat teraba benjolan yang merupakan
kelenjar getah bening. Biasanya ukurannya tidak lebih dari 1 cm. Jika
ukurannya membesar, umumnya disebabkan infeksi, baik yang berasal dari
sekitarnya, seperti infeksi kulit (misalnya bisul) atau infeksi dari tempat
lain, seperti tenggorokan atau paru paru (TBC). Kadang, meskipun jarang,
dapat juga disebabkan tumor yang disebut dengan limfoma.

Putra Ibu tampaknya bergizi baik, kemungkinan besar benjolan itu merupakan
hal yang normal. Apalagi dokter yang memeriksanya juga mengatakan demikian.
Jika masih ada keraguan, biasanya kita melakukan tes Mantoux untuk
memastikan bahwa tidak ada TBC kelenjar. Sebaiknya kita tidak mengatakan
istilah vlek karena mempunyai arti yang sangat luas dan tak terarah. Lebih
baik dikatakan TBC atau bukan. Gejala TBC pada anak sering tidak jelas,
biasanya nafsu makan menurun, berat badan tidak naik, dan dapat disertai
batuk-batuk serta keringat malam.

BENJOLAN DI LEHER

Dokter Najib yang terhormat,

Anak perempuan saya kini berusia 5,5 bulan dengan BB 8,5 kg. Waktu lahir BB
3,2 kg dan TB 50 cm. Ia sangat lincah dan menggemaskan. Saat ini saya sudah
memberinya makanan tambahan berupa biskuit dan bubur susu selain ASI. Sejak
lahir anak saya sering bersin, namun secara umum, dia sehat-sehat saja.
Namun, baru-baru ini saya agak cemas melihat benjolan sebesar kelereng di
sebelah kanan leher, tepatnya di samping kanan di bawah dagu. Benjolan
teraba keras dan ia akan menangis bila bagian itu ditekan dengan tangan.
Saya sudah membawanya ke dokter spesialis anak, dan dokter mengatakan anak
saya terkena infeksi kelenjar. Dokter lalu memberikan obat berupa bubuk
untuk diminum. Seminggu setelah minum obat, benjolannya terlihat mengempis
dan tidak begitu keras lagi. Saya lalu kembali lagi ke dokter untuk
memeriksanya. Namun dokter tidak memberi obat lagi dan ia mengatakan tidak
berbahaya.

Dua hari kemudian, ternyata benjolannya membesar kembali. Kali ini
benjolannya terlihat merah. Saya lalu membawanya kembali ke dokter lain dan
ternyata dokter mengatakan benjolan itu bukan infeksi kelenjar tapi bisul.
Saya jadi bingung. Keterangan dokter mana yang benar? Apakah benjolan itu
berbahaya, Dok? Kalau benar bisul, apakah cara untuk mencegahnya? Saya mohon
penjelasan Dokter. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Ny. Hanna Thomas - Palembang

Dilihat dari usianya yang 5,5 bulan dan beratnya yang 8.5 kg, tampaknya anak
ibu cukup gemuk. Syukurlah kalau dia juga lincah dan menggemaskan. Tentang
benjolan di leher sebelah kanan, kemungkinan besar itu adalah kelenjar getah
bening yang membengkak dan meradang. Kemungkinan lain adalah suatu bisul.

Apakah ia juga demam? Baik infeksi kelenjar maupun bisul, biasanya
disebabkan oleh bakteri. Bisul merupakan infeksi di kulit, jadi letaknya di
permukaan dan ada penonjolan di atas kulit. Sedangkan infeksi kelenjar getah
bening terletak lebih dalam, mengingat kelenjar getah bening terletak di
bawah jaringan kulit.

Sulit bagi saya memastikan kelainan tersebut tanpa melihat sendiri. Mungkin
kedua dokter yang Ibu temui benar. Bedanya karena Ibu mendatangi mereka pada
saat yang berbeda sehingga kondisi penyakitnya beda. Baik bisul maupun
infeksi kelenjar getah bening, biasanya dokter akan memberi antibiotik yang
perlu diminum dalam jangka waktu beberapa hari, tergantung berat ringannya
kelainan. Lama minum antibiotik harus cukup untuk mencegah kambuhnya infeksi
tersebut.

Bisul biasanya terjadi karena ada luka kecil atau lecet pada kulit,
misalnya, karena garukan atau rambut tercabut. Dari kulit yang terkelupas
ini bakteri akan masuk dan mengakibatkan bisul. Pencegahannya dengan menjaga
kebersihan kulit dan menghindari kulit terluka.