Dear all member bayi kita

Saya anggota baru di milis ini,
Saya ingin minta saran dari member-member yang lain yang mungkin mengalami hal
yang sama dengan keadaan bayi saya atau yang punya pengetahuan tentang hal yang
ayi saya alami.

Saya punya bayi berusia saat ini 18 bulan, sejak lahir bayi saya menderita
CONGENITALAGANGLIONIC MEGACOLON (hirschprung disease) yaitu keadaan yang
merupakan ke
lainan bawaan ini timbul akibat tidak adanya sel-sel ganglion (saraf) dalam
selaput mukosa dan otot dari usus besar, dengan gejala tidak bisa BAB (Buang
Air Bes
ar) dari pertama lahir, yang akhirnya dilakukan operasi dengan tindakan
LAPARATOMY (operasi membuka dinding perut) dan COLOSTOMY (pemotongan usus yang
kurang be
rfungsi) dan usus sementara dialihkan di dinding perut sehingga BAB sementara
melalui perut. Operasi ini dilakukan ketika usia bayi saya 40 hari.

Pada 3 july 2007 (usia bayi saya 6 bulan) lalu telah dilakukan operasi yang ke
dua yaitu membuang usus yang tidak berfungsi dan menyambungkan kembali ususnya
ke
 saluran asalnya.

Tapi setelah operasi yang ke dua tersebut bayi saya belum lancar juga BABnya,
masih sering terjadi kembung dan sampai beberapa kali terjadi infeksi di dalam
usu
snya hingga harus di rawat di rumah sakit sampai hampir 3 bulan.

Hingga hari ini pun kondisi anak saya juga belum lancar BABnya dengan solusi
tiap kembung dipasang selang (stomac tube) untuk membantu BAB, padahal ketika
bayi
saya mau mengeluarkan kotoran (feses) bisa mengejan seperti normalnya bayi
normal. Tapi yang keluar sedikit saja sehingga masih terjadi penumpukan feses
di usus
 dan dikeluarkan dengan di bantu dengan selang,

Sempat saya tanyakan ke dokter yang menangani/merawat bayi saya kondisi seperti
itu normal karena memang dalam tahap pemulihan, poses pemulihan dari banyak kasu
s memang berbeda-beda bahkan bisa sampai lebih dari 6 bulan.

Sempat juga saya tanyakan ke dokter yang lain untuk mencari 2nd opinion tetapi
jawabanya sama dengan dokter yang menangani bayi saya.

Mungkin dari rekan member yang lain pernah atau ada pengetahuan tentang hal ini
kira-kira sampai kapan proses pemulihan ini berlangsung sampai menjadi normal ke
mbali atau ada saran-saran yang lain yang bisa mempercepat proses pemulihan
kondisi bayi saya.

untuk tambahan anak saya saya kasih liquid clorophil dan propolis platinum
produk K-LINK dengan mengkonsultasikan dulu ke dokter anak yang menangani anak
saya.

Terima kasih sebelumnya

Best regards

supriyadi