Pertanyaan : Apakah problem psikis dapat dipulihkan melalui self therapy ?

  Jawab : Dapat

  Pertanyaan : Bagaimana cara melakukan self therapy ?

  Jawab : Caranya adalah ijinkan diri Anda masuk kedalam tabula rasa. Kemudian
lakukan
  kalibrasi ulang terhadap cara respon Anda yang salah dimasa lalu. Misal :
kehilangan orang yang dicintai, respon yang benar adalah ikhlas, menghadapi
cobaan bisnis adalah sabar, ambil hikmah dan ubah cara.

  Pertanyaan : Saya sudah mencoba melakukan  self therapy, namun mengapa tetap
sulit ?

  Jawab : Pada waktu melakukan Self therapy Anda melakukan dua hal yang berbeda
secara bersamaan (sekaligus) yaitu menjadikan diri Anda sebagai terapis
(subjek) sekaligus pasien (objek). Itu sebabnya self therapy memerlukan
ketrampilan dan kesabaran yang lebih.

  Pertanyaan : Apa saja yang perlu saya pelajari dalam melakukan self therapy ?

  Jawab :  Pelajari semua hal yang berhubungan dengan pemrograman otak kanan
seperti NLP, hypnotherapy, visualisasi kreatif, metode Silva dsb.

  Pertanyaan : Mengapa sewaktu saya membaca buku-buku motivasi, mendengarkan
ceramah ustad ataupun pembicara motivasi saya merasa hanya termotivasi
sebentar, setelah itu rasa cemas justru semakin meningkat.

  Jawab : Menganalisa masalah pribadi adalah urusan “nalar” sedang memecahkan
masalah pribadi adalah urusan ”rasa”. Itu sebabnya nasihat terbaik menjadi
“tidak bekerja” karena terdapat perbedaan “bahasa”.

  Pertanyaan : Mengapa saya merasa self therapy saya “gagal” ?

  Jawab : Kemungkinan terdapat emosi negatif yang telah terkunci (mengalami
fiksasi) di dalam diri kita sehingga diperlukan bantuan profesional / terapis
untuk membukanya.

  Pandu Bintang
  http://klinikservo.wordpress.com/

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke