Hati – hati dengan Asuransi Cigna.

Ini sebuah pengalaman berharga..

Saya ditawarkan asuransi jiwa oleh PT Asuransi Cigna pada tanggal 29 Mei 2008
dan diminta untuk mengisi data pribadi, yang mana data tersebut akan diproses
oleh Underwriter pihak Cigna sebelum diputuskan apakah saya berhak untuk
menjadi pemegang polis. Pada bulan Juni saya ditelepon oleh dua Underwriter
Cigna yang berbeda dalam satu hari yang sama untuk klarifikasi data. Merasa
tidak berkenan dengan cara Underwriter tersebut, saya memutuskan untuk
membatalkan rencana asuransi jiwa saya dan meminta Cigna untuk tidak mendebet
rekening saya. Pihak Cigna berjanji akan segera memproses permintaan saya dan
tidak akan mendebet rekening saya.

Pada bulan Agustus, saya menerima surat Laporan Transaksi Triwulanan Future
Link (terlampir) dari Cigna yang melaporkan tentang aktivitas investasi dana
saya. Merasa tidak pernah dinyatakan sebagai pemegang polis, saya menanyakan
tentang surat tersebut ke Cigna dan dinyatakan benar saya adalah pemegang polis
asuransi jiwa Cigna nomor polis NA00001680 dengan nilai premi Rp. 500.000,-
setiap bulannya. Saya segera memprotes ke pihak Cigna karena Cigna melalui Bank
Niaga telah dengan sewenang – wenang mendebet rekening saya tanpa sepengetahuan
saya, bahkan pendebetan telah dilakukan langsung pada tanggal 29 Mei 2008.
Cigna berjanji akan memproses masalah ini dan akan mengirim data penutupan
polis serta berjanji akan mengembalikan seluruh dana yang telah didebet dari
rekening saya.

Pada tanggal 24 September 2008, saya menandatangani surat penutupan polis dan
meminta kompensasi penyelesaian atas kerugian yang saya alami. Pihak Cigna
kembali berjanji akan segera memproses permintaan saya dan tidak akan mendebet
rekening saya lagi. Tanggal 16 Oktober 2008 saya menerima SMS dari Cigna yang
menyatakan bahwa mereka gagal mendebet rekening saya dan meminta saya untuk
mengecek status tabungan Niaga saya. Beberapa hari kemudian, saya ditelpon oleh
Customer Service Cigna (Bpk. Adriansyah) yang mengingatkan saya agar mengisi
tabungan Niaga saya sebelum tanggal 24 Oktober agar Cigna dapat mendebet premi
bulan Oktober dari rekening saya. Saya kembali protes ke Cigna dan kembali
dijanjikan penyelesaian secepatnya. Pada tanggal 28 Oktober, Customer Service
Cigna (Ibu Linda) menelpon saya dan memberitahukan bahwa polis saya dinyatakan
batal dan Cigna akan mengembalikan dana saya seluruhnya (yang telah didebet
sejak Mei hingga September 2008) ke
 rekening Bank Niaga saya paling lambat 7 hari kerja dan pihak Cigna tidak akan
memberi kompensasi apapun.

Sesuai dengan lembaran Laporan Transaksi Triwulanan Future Link periode 1 April
– 30 Juni 2008 (terlampir), pendebetan yang dilakukan sebanyak dua kali. Untuk
periode 1 Juli – 30 September 2008, pendebetan yang dilakukan sebanyak tiga
kali. Total pendebetan adalah sebanyak lima kali dengan nilai masing - masing
Rp.500.000,- sehingga total dana yang telah didebet Rp. 2.500.000,-. Tanggal 11
November 2008 saya menerima pengembalian dana saya HANYA sebesar Rp.
2.000.000,-. Loh… kemana yang Rp. 500.000?

Saat saya konfirmasi ke Cigna, mereka mengakui hanya mentransfer Rp.2.000.000,-
saja. Astaga…. uang Rp. 500.000,- saya digondol Cigna.

Saya tidak dapat menerima perlakuan Cigna yang telah berbuat semena - mena dan
pihak Bank Niaga yang tanpa klarifikasi terlebih dahulu dengan saya telah
memotong dana di rekening saya. Kelemahan sistem manajemen di Bank Niaga
memudahkan siapapun untuk mengakses rekening nasabah tanpa perlu adanya
klarifikasi dengan nasabah yang bersangkutan. Saya tetap menuntut kompensasi
kerugian dari PT Asuransi Cigna akibat kelemahan prosedural mereka dan meminta
pertanggungjawaban Bank Niaga selaku mitra kerja.

Saya sudah melaporkan hal ini ke Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia dan Kepala
Biro Perasuransian.

Mudahan – mudahan teman2 yang membaca ini bisa lebih jeli dan berhati – hati
bila ditawarkan asuransi jiwa, terutama asuransi Cigna.

Regards,

Debby Malona H.
Nasabah Bank Niaga
T. 62811161500