[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Saya mau tanya tentang aplikasi manajemen dokumen yang biasanya ada di
>
> perpustakaan2 besar. Ini bukan database perpustakaan biasa yang cuma
> menyimpan judul2 dan sedikit referensi, lho. Dia bisa menyimpan image
> dari
> koran-koran puluhan tahun yang lalu, dan bisa dilihat di layar
> TV/Monitor.
> Tapi saya nggak tahu media penyimpanannya itu seperti apa. Apakah
> pakai
> film atau di scan kemudian disimpan dalam file.

coba deh pake adobe acrobat.  kalo yg saya bikin, makalah2 di-scan
kemudian diterjemahkan ke bentuk text (ocr) supaya hemat hdd.  dari situ
kita bisa bikin daftar isi, yg berisi link2.  tampilannya juga bisa
di-zoom dan 'digeser-geser'.  yah cukup oke lah ...

dulu juga pernah lihat di perpustakaan aminef, dia pake mikrofilm.
kalau pengen hardcopy-nya, mikrofilm tsb juga bisa langsung di-print.

adicom ~;)
//sediakan uang ketika ngantri di hero, pom bensin, atau sebelum turun
dari d112