> Bagaimana cara menerima email dengan attachment file sebesar 50MB, padahal
> khan kita punya email box hanya sekitar 2MB.
> Apakah kudu nambah kapasitas?
>
> Salam
> Samuel Surya

Kalau mailboxnya hanya 2 MB, tentu aja nggak bisa nerima email sampai
puluhan MB. Untuk mailbox 2 MB, ukuran file yang di terima paling besar
sekitar 1,5 MB (kalau attachmentnya pakai sistem uuencode).

Kita bisa mendownload program dengan email sampai puluhan MB, syaratnya
ukuran mailbox kita nggak dibatasi, jadi berapa MB-pun email yang datang
nggak akan balik / mental lagi.

Kalau kita mendownload file lewat email, kalau ukuran filenya cukup besar
seperti 50 MB, tentu saja filenya harus dipecah-pecah dulu / displit jadi
beberapa bagian. Setiap server ftpmail/webmail/gophermail mempunyai
kemampuan yang berbeda-beda dalam :
- mengambil, berapa ukuran file terbesar yang bisa didownload
- memecah file tersebut menjadi beberapa bagian. umumnya file di split
  antara 100 KB - 5MB dengan cara uuencode atau mime base 64.

file 50 MB yang saya sebutin diatas itu adalah file terbesar yang
pernah saya download, yaitu star-office 5.0
salahsatu ftpmail server dalam help file-nya nyebutin bahwa dia sanggup
mengambilkan file hingga berukuran 99 MB.

Kalau punya akses internet penuh, ya... tentunya dalam beberapa hal lebih
enak akses langsung, nggak usah lewat email. Tapi bagi saya, kalau mau
download program, ukurannya besar, situsnya jauh, lebih hemat waktu, masih
jauh lebih efektif dengan download lewat email. Tidak perlu ditunggu
berjam-jam, dan untuk menyatukan email2 yang berisi pecahan file
program tsb ( mendekodenya kembali ) juga nggak lama, nggak lebih
dari 1/2 jam untuk ukuran file sebesar 50 MB.

kalau kita mendownload file ukuran 50 MB itu dengan modem 56Kbps (8
Kbye/detik) , bisa berapa menit ?
ftpmail itu kecepatan transfer waktu mendownloadnya bisa mencapai lebih
dari 500 KByte/detik. asalkan server yang dituju masih satu wilayah,
misal ftpnmail stuttgart digunakan untuk mendownload sekitar wilayah
eropa, bitftp princeton untuk wilayah amerika utara.

yudi a.