On Tue, 19 Oct 1999, Agung wrote:

> Semoga  Tuhan  memberikan  jalam  bagi  sebagian  besar  umat  manusia
> pengguna  komputer  yang  hanya  bisa mencalankan aplikasi namun tidak
> mengerti apa-apa tentang isi perut dari aplikasi tersebut, sehingga dapat
> terhindar dari kucing garong dan bom waktu.

Salah satu kunci utama (feature tambahan) dari Open Source adalah
KOMUNITAS.  Artinya kalau toh user itu tak dapat mengerti apa-apa ttg isi
perut.  Ada KOMUNITAS yang membantunya untuk memahami isi perut dan
kemungkinan bahaya (hole) dari program tersebut.  Contoh adalah security
alert

http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/cgi-bin/cgiwrap/security/baca.pl

Security ini dibuat saya (as part of Open Source community) untuk membantu
komunitas pengguna Open Source dalam mengetahui hole dari program yang
dipakainya.  Isi dari alerts tersebut ditulis oleh komunitas Open Source
lainnya.  Dengan kata lain GOTONG ROYONG.  Saya seorang hanya mengerjakan
BAGIAN AMAT SANGAT KECIL.  Tetapi bila orang yang mengerjakan bagian AMAT
SANGAT KECIL ini BANYAK SEKALI.  Maka akan menjadi BAGIAN YANG BESAR
SEKALI.

Demikianlah mekanisme yang ada di Open Source

> Saya  rasa  yang  mendapat  berkah  dari  Tuhan  itu si pembuat produk
> open-source,  bukan yang menerima dan menggunakannya. Si pengguna cuma
> mendapatkan   nilai   tambah   (yang   kebanyakan  mungkin  'ga  bisa
> ditambahin).

Pada terminologi OPEN SOURCE... pembuat produk dan pengguna tipis sekali
batasannya.  Mungkin dalam satu bulan si pengguna bisa menjadi bagian dari
pembuat (walaupun hanya berperan sebagai bug reporter, tapi dia sudah
menjadi part of developer)

> Jadi   Wahai   para   pencipta   produk  open  source,  semoga  Tuhan
> memberkatimu.  karena usaha-usama mu untuk menyelamatkan manusia dari bom
> waktu dan kucing garong (walaupun belum tentu sukses).

Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baik khan 8-)

IMW