Hahaha...untuk yg satu ini ternyata dosen kita yg satu ini nggak pede untuk
hal ini,...koq beda sekali kalau ngomongin bahwa linux lebih bagus dari
windows ? Yg ini bukan ngetawain..lhoo. Cuma ini kan salah satu cara untuk
mendapat pengakuan, bahwa orang yang bekerja di bidang IT itu mempunyai
sumbangan yg cukup berarti sekali bagi nilai tambah ekonomi ( kalau
dibandingkan dengan pemain valas sih jauuhhh sekali, yg cuma zero sum game ).
Kalau anda sering menulis bahwa di barat orang yg berkecimpung dalam dunia
ilmu mendapat pengakuan dan publikasi setaraf selebriti. Kan ini hanya salah
satu cara untuk menunjukkan bahwa orang yang berkecimpung di dunia ilmu,
teknologi dan sejenisnya bisa mendapat pengakuan.

Ada banyak pengalaman yg menunjukkan bahwa di beberapa kantor terkadang orang
memandang sebelah mata terhadap IT. Beberapa org menganggap jarang kerja,
kalau program sudah selesai ya udah, tidak ada kerjaan. Padahal kestabilan
dari suatu sistem yg dipilih oleh IT untuk support bisnis ini justru yg
menjadikan bisnis itu dapat berjalan dengan lancar. Padahal ini kan terjadi
karena adanya ide.

Saya jadi inget di kantor saya itu ada semacam poster kecil yg dibuat pakai
power point ( produk microsoft..heheeh , yg ini nggak usah dibahas dulu )
Tertulis yg artinya ' Jika punya ide, tunjukkan. Dan anda akan mendapat $20
dari setiap idea anda yg dipakai'. Tulisan ini hampir ada di setiap pintu
lift, jadi benar sekali bahwa segala sesuatu di dimulai dari ide. Sama
seperti orang hidup berjuang itu dimulai harapan, kalau sudah tidak ada
harapan ya udah selesai..putus asa.

Salah satu cara yg cukup bagus adalah mempublikasikan di majalah atau koran
umum. Beberapa kali saya baca di Kompas menampilkan tokoh / orang yg
berkecimpung di suatu dunia ilmu ( eksak atau non eksak ), misalnya
ditampilkan Yohannes Surya ( pengarang buku fisika, penerbit Tiga Serangkai
yg banyak dipakai pelajar smu, termasuk saya juga pakai), IMW ( 'memberikan
roh baru', frankly speaking sih saya bangga..lihat itu, sampai beberapa kali
saya tunjukkan ke teman2 saya, nih lhoo dosen gue, ooo pantesss anak
gudanarma canggih2..dosennya aja oke punya  he he he ), A. Zewail , Pemenang
Nobel dari mesir , Fachri Ali (dosen hukum Unhas ). Stanly Sih ( yg punya
Acer ). Bukan hanya tokoh saja yg ditampilkan, tip2 yg ringan juga
ditampilkan mis. setting printer di win 95, sharing printer..nah loo. Bahkan
di tabloid Kontan (di web= www.kontan-online.com), sering dibahas mengenai
wira usaha ( pertanyaan menjadi sering muncul sejak krismon , ada salah
seorang penanya yg menanyakan bagaimana hitungan bisnis warnet. Jawabannya ?
investasi software sekian (M$), hardware sekian, nilai penurunan h/w
sekian.Kalau pakai proxy dn sekian client sekian kecepatannya. barulah
ditentukan tarif mengenai sewa perjamnya,tingkat pengguna
intenetpertumbuhanya sekian coba kalo yg jawab tahu linux pasti hitungan
analisis investasinya itu akan menjadi jauh berbeda. Seinget saya Bill Gates
juga pernah menulis mengenai pertumbuhan dunia IT, dan disebutkan bahwa tidak
kecil  kemungkinannya  perusahaan IT dimulai dari kamar kost.

Belum lagi mengenai tulisan  pemilu, kalau saja tulisan itu ditampilkan di
media umum..betapa org akan terkejut bahwa salah satu penyebab inefisiensi
adalah pembelanjaan software dan hardware yg tidak tepat. Di koran disebut
jumlah yg sungguh fantastis ( saya tidak ingat persis, dlm jutaan US dollar
) biaya IT untuk pemilu.  Mungkin bisa dimulai dengan mempublikasikan secara
teratur di medai umum. Kalau anda mengikuti berita ekonomi, betapa Kwik Kian
Gie (yg gelar doktorandusnya pernah diragukan oleh seorang doktor karena
dikritik )  dari jaman duluuuuu sekali mengkritik kebijakan ekonomi gaya
mafia berkeley gaya konglomerasi, sama seperti bagaimana IMW mengkritik M$
habis2an.  Beberapa tulisannya itu akhirnya di rangkum dalam sebuah buku
kecil yg berjudul 'Saya bermimpi jadi Konglomerat'.

Mudah2an komentar saya berguna.

Ade