The word is not enough... kata James Bond
                ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sore ini saya kabur dari ruang kerja saya, berhubung saya dan istri pengen
nonton James Bond terbaru, dan kebetulan di Bielefeld ini juga diputar
versi aslinya (berbahasa Inggris). Di Jerman semua film di-dub menggunakan
bahasa Jerman, jadi lucu juga menonton Eddi Muphy ngomel pakai bahasa
Jerman, soalnya jadi nggak lucu lagi...). Kalau nonton yang berbahasa
Jerman, kasihan istri saya yang belum belajar bahasa Jerman dan lagi saya
memang lebih menyukai versi aslinya, kedengaran dialek aslinya, apakah
Inggris-Rusia, Inggris-British, USA dll. James Bond adalah salah satu film
favorit saya, karena nontonnya nggak usah capek mikir..he..he.he

OK... sebagaimana biasanya pada media yang populer, maka James Bond ini
pun digunakan juga sebagai media iklan oleh perusahaan tertentu, misal BMW
yang selalu digunakan sebagai `mobil resmi` James Bond.  Peluncuruan film
James Bond di Jerman dibarengi dengan peluncuran mobil BMW baru, yang
digunakan di film tersebut.  Begitu juga jam tangan James Bond.  Hal ini
akan menguntungkan kedua belah pihak, pihak pembuat film mendapat dukungan
property atau sponsor, pihak satunya mendapat khan kesempatan mengiklankan
produknya.

Dan kali ini ada satu hal yang menarik.... apa itu, apalagi kalau bukan
perusahan perangkat lunak Microsoft yang juga memanfaatkan film James Bond
sebagai salah satu ujung tombak pemasarannya.

Ok..di alur cerita James Bond itu, pada suatu saat James Bond dan Doktor
Jones (doktor fisika cewek yang cakep.. namanya juga bintang film), masuk
ke dalam pipa minyak, dan mengejar bomb, yang dicurigai sebagai bomb
nuklir, mereka berusaha menjinakkan bomb tersebut.  Akhirnya mereka berdua
bisa mengejar bomb tersebut (tentu bisa dong.. khan jagoan...), dan pindah
ke kereta yang membawa bomb tersebut.  Lalu si Doktor tersebut mengambil
controller bomb dan mencoba untuk mematikan bomb tersebut.

Dan plazzz.... iklan-nya nongol deh (bukan iklan seperti di TV yang
memutus film, tapi `iklan terselubung`). Ternyata ketika tangan si Doktor
meraih kontroller tersebut terlihat jelas sekali tampak..controller
tersebut adalah sebuah PDA yang "powered by Windows CE".  Gambar ini
dishoot lumayan banyak minimal 3 kali, jadi cukup terasa juga untuk
memberikan "pesan" kepada para pemirsa, bahwa "Windows CE cukup reliable
untuk kontroller bomb nuklir"..he.he.heh

Tentu saja saya jadi geli... (teringat kejadian di ComputerNacht ketika NT
Workstation "hang" nggak bisa tranfer data via ethernet padahal ketika itu
orang akan demo robot-nya dan sudah ditunggu pemirsa).  Bagaimana saya tak
geli, membayangkan Windows CE, yang cukup terkenal tidak reliable, dan
bukan REAL TIME OPERATING SYSTEM (apalagi hard real time), digunakan untuk
critical mission seperti controller bomb nuklir. (Atau mungkin dalam
cerita itu si teroris memilihnya karena Windows CE memiliki sifat yang
instable, dan sulit diprediksikan, sehingga memberikan feature khusus
kepada bomb tersebut.. yaitu bisa meledak tiba-tiba.he.he.he. sehingga
sulit dijinakkan oleh James Bond ?)

Embedded controller memang salah satu pasar yang sedang dibidik oleh MS
untuk sistem operasinya (misal Windows CE, NT embedded), akan tetapi para
developer di lingkungan embedded yang berbeda dengan developer di aplikasi
perkantoran.  Para developer di embedded ini sangat peduli dengan kinerja
dan kehandalan, bukan saja "fanciness" dan kemudahan semu. Sehingga para
developer di embedded controller relatif tidak begitu yakin dengan
kemampuan Windows CE. Hal ini karena aplikasi embedded membutuhkan
kriteria minimal :

- Membutuhkan sumber daya kecil, memori dan prosesor minimal, serta hard
  disk minimal (2 MB RAM termasuk besar)

- Memberikan kecepatan dan response tinggi (salah satu kriteria untuk
  real time operating system).

- Tersedianya source code untuk disesuaikan dengan kebutuhan sehingga
  bisa menghasilkan sistem yang minimal, serta dapat diuji secara
  menyeluruh

- Reliabilitas sistem yang tinggi karena harus beroperasi terus menerus.
  Jadi istilah "hang" harus direboot, sejauh mungkin dihindari.

- Cross platform development (sehingga bisa didevelop di mesin lain, dan
  dipindahkan ke mesin target tanpa masalah yang berarti).

Tentunya tanpa meremehkan Windows CE atau keluarga Windows lainnya (saya
takut para penggunanya merasa tersinggung 8-) ) dapat dikatakan
berdasarkan pengalaman di lapangan persyaratan di atas masih jauh dapat
dicapai oleh keluarga MS Windows.  Apalagi bila dibandingkan dengan sistem
operasi klas QNX dengan GUI PHOTON-nya, kemampuan Windows CE masih jauh
sekali dari memadai.  Memang harga QNX yang tinggi cukup membuat para
developer agak sulit dalam memanfaatkannya, sehingga tidah heran beberapa
developer malah kini condong melihat ke Linux sebagai platform
pengembangan, dan juga sebagai Sistem operasi embedded-nya.

Hal ini karena tersedia source code Linux yang dapat diubah untuk
mensupport pekerjaan sebagai real time operating system. Sehingga tidak
heran pekerjaan seperti akuisisi data ICE, akselerator nuklir memanfaatkan
Linux sebagai sistem operasinya pada data akuisisinya.

Situs yang bisa ditengok untuk hal ini:
http://www.embedded.com/97/fe39710.htm
http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/made/hardlin.html

Tapi satu hal yang saya cukup salut dg Microsoft, mereka memang perusahaan
marketing yang "jago" dapat memanfaatkan media apapun, untuk meluncurkan
produknya.  Baik secara langsung, tidak langsung (seperti film, artikel
majalah), ataupun secara memutar (seperti FUD).

Akhirnya.. tentu James Bond yang menang, dan minum Wine bersama Doktor
Fisika yang cantik itu..... dan ditutup dg gambar remote sensing yang
menunjukkan image yang makin memerah (suhunya naik), dan komentar dari
"R" pengganti "Q"

   "Mungkin itu suatu akibat premature dari Millenium Bug...8-)"

Untuk yang terakhir.. silahkan simak filmnya sendiri...he.he.he dan jangan
lupa.. judul film James Bond..

   "The MS Windows is not enough"...  he..he. kata saya lho..

IMW

I Made Wiryana (0521-106 5328)            Universitas Gunadarma - Indonesia
Rechnernetze und Verteilte Systeme  http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/made
Universitaet Bielelfeld                                   Check my e-zine :
[EMAIL PROTECTED]    http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/majalah