I Made Wiryana wrote:

> On Wed, 19 Jan 2000, PURUHITO (Pito) wrote:
>
> <deleted>
> IMW: Terkenal di mana..?? di Indonesia mungkin, tapi di India mungkin tidak, di
> Eropa ya biasa-biasa saja.. (ada pilihan lain selain film USA).  Biasanya
> perhitungan standard ini akan melihat jumlah terbesar.. atau pangsa
> produksi.

Yg ini bener, di kantor saya kan IT mayoritas org asing.(malaysia, philipine,
india & srilanka )., kalo pas ngobrol film dan musik dgn org India mereka nggak
terlalu nyambung..karena banyak yg nggak tahu terlalu Bon Jovi, Boys 2 man , Kevin
Costner, Madonna, The Corrs...del el el. Saya pikir tadinya mereka ini kuper
banget..tapi setelah saya coba ngobrol mengenai Amitab Bachan..Gandhi,
Ramayana...Banglore..eh mereka langsung nyambung, jadi memang mereka lebih kenal
dengan produk lokal. Beda dgn di Indonesia..sampai kota kecil pun banyak yg tahu
The Beatles, bahkan salah satu warteg di margonda pun ada yg sempat ngetop dengan
julukan warmet ( warung metal, warteg yg memutar lagu2 hard rock dan metal)

Dan mengenai film2 produk Amerika masuk ke Indonesia, saya pikir waktunya sangat
berdekatan dengan dimulainya banyak export textile ke Amerika. Jadi semacam
kompensasi, coba deh di cek ke temen2 yg belajar ekonomi, saya yakin mereka
meng'iya'kan.

> Masalahnya memang yang menentukan "industri" perekam dan duplikatornya
> orang sono..he.he.he
> IMW

Tapi pembajaknya masih org Singapura, China, Hongkong ,Taiwan dan termasuk
Indonesia ..heheheehe