Rekan rekan, sory mungkin yang saya tulis sebelumnya kurang detail :-).
Kenapa saya mau upgrade apache sama php yang sudah di pre-install di linux
?, karena mau mencoba fasilitas xml nya. saya pikir kalau download php aja
yang paling baru mungkin engga ada masalah. tetapi sewaktu membaca
instruksinya, ternyata membutuhkan source code dari apache untuk membuat
modulenya supaya bisa di integrasikan dengan apache. tapi saya engga tau di
mana tuh suse taruh source code untuk apache.

jadi langkah selanjutnya, atas saran Adjie, saya coba download RPM apache
untuk suse 6.3, tapi ternyata banyak library yang harus di upgrade dan
kayaknya setelah saya menginstall 2 RPM file untuk library, sistemnya malah
engga jalan. jadi saya repair dulu SUSE nya supaya bisa di boot lagi. terus
di uninstall apache packagenya karena saya mau coba dengan cara lain.

terus di coba cara selanjutnya dengna mendownload apache yang paling baru
1.3.11 dan php yang4 yang masih beta version. setelah di uncompress kedua
duaya, saya install dulu apachenya sesuai dengan step yang di tulis di
manualnya. Saya sih kasih saran default directorynya engga usah di ganti
untuk apache yaitu /www . setelah apachenya jalan, baru compile php4,
akhirnya akan menghasilnya file dengan nama "httpd" agar ngecek apakah kita
berhasil meng install php4, bisa dengan httpd -l jadi bisa kelihatan module
module apa aja yang ada di apache ituh. terus di copy file httpd dari
directory apache.1.3.11 ke /www/bin untuk mereplace httpd yang sebelumnya.

seharusnya kalau engga ada masalah, bisa jalan tuh apache dan phpnya.
setelah start the apache dengan command ./apachectl start

sekedar tips supaya file yang extension php3 nya masih bisa di pake. kan di
manualnya bilang di httpd.conf harus di uncomment baris yang :
AddType application/x-httpd-php .php
di jadikan:
AddType application/x-httpd-php .php .php3

Hui