Berdasarkan pengalaman *berat* pernah menjadi IT Support, rate gaji itu
sangat tergantung dari knowledge dan skill dari calon pegawai dan
besar/kecil perusahaan. Dan yang lebih penting adalah bonafiditas
perusahaan itu sendiri dengan seberapa jauh kesadaran perusahaan ybs
perduli sama IT.
Tapi yang memprihatinkan, saya sudah banyak melakukan screening interview
untuk staf baru posisi system administrator maupun support. Dari kebanyakan
pelamar, meskipun saya bisa memaklumi mereka belum punya banyak pengalaman
menangani bidang tsb. Saya mendapati bahwa konsep2 bidang keilmuan dari
pekerjaan yang dilamar masih sangat kurang. Contohnya adalah: saat ini
perkembangan teknologi jaringan dengan protokol TCP/IP cukup pesat dan
banyak digunakan di berbagai platform OS. Bagi mereka calon pelamar yang
berasal dari lulusan Informatika/Komputer, semestinya mereka sudah pernah
mengikuti dan lulus mata kuliah yang terkait dengan hal di atas seperti
Sistem Operasi, Komunikasi Data, Jaringan Komputer, Pengolahan Data
Terdistribusi dll.
Tapi sepertinya mungkin dikarenakan oleh cara belajar yang kurang tepat.
Banyak dari mereka yang di daftar transkripnya nilainya bagus2 tapi begitu
ditanya tentang konsep2 jaringan, tidak bisa dikuasai dengan baik. Apalagi
yang lebih parah lagi orientasi menjadi IT Support itu menurut mereka
adalah sekedar memperbaiki komputer yang rusak layaknya service komputer di
Mangga Dua/Glodok.
Dan ketika diarahkan mengenai sejauh mana kemampuan untuk men-service,
hanya s/d tingkat user biasa (tidak berani bongkar pasang komponen dalam).
Mungkin itu salah satu sebabnya mengapa saat ini perusahaan2 belum mau
menghargai lebih para IT Support sebanding dengan tugas dan tanggung jawab
yang mereka emban.
Saya tetap yakin, bahwa masih banyak lulusan2 Informatika/Komputer yang
punya kapasitas yang lebih baik dalam berkarier sebagai IT Support. Semoga
saja.