Kalau anda mau main di komputer ....eh bentar saya kategorikan menurut
saya menggunakan komputer berdasar kelasnya walaupun sekarang batasan
itu sudah makin kabur karena kempampuan komputer yg terus meningkat

1. main frame
2. mini
3. PC

no 1 jelas...no 2 dan 3 agak rancu..tapi sambil kalau mau main di OS
unix/linux, akan masuk ke kategori no 2 walaupun PC sudah bisa
menjalankan unix/linux. Tetapi dari segi fungsional masuk kategori mini.
Nah untuk untuk no 2 dan 1 selama ini saya lihat antara istilah dari
teknologi dan produk relatif standard

Sangat berbeda utk kategori no 3. Satu hal yg harus diingat ini pernuh
dengan jargon, nah kita bisa terjebak kalau kita tidak mencermati. Mis
ada kata DAO, DNS ( Digital Nerveous System, sangat berbeda sekali kalau
dari yg pernah kita fahami DNS Domain naming System )..belum lagi ada
istilah native driver, dan istilah 2 lain yg saya tidak tahu. Saya
sendiri pernah melihat test untuk MSCE, banyak istilah yg terlalu
mengacu kepada produk-nya. Dan ini saya rasa nggak fair, seperti
misalnya DAO..dan belum lagi kalau mau ambil untuk developer, SQL
command-nya pun sudah di modifikasi sedemikian rupa. Hal ini akan
berbeda kalau untuk SQL katedori no 2 tadi. Anda mau pake oracle,
sybase..ingress, mereka menggunakan standar ANSI. Tingkat kesulitannya
menjadi tinggi pada saat pindah tools. Karena saya saat ini melihat
banyak juga developer, memakai banyak tools untuk mengerjakannya

Dan lagi nggak ada jaminan kalau lulus MSCE benar2 menjadi mahir.
Pilihan sih terserah anda, dan yg begitu2 biasanya tidak lama. Seperti
waktu SAP lagi boom, semua org cari SAP. 2 th yg lalu Lotus
Notes..mungkin besok MSCE...tetapi mempunyai sertifikasi dengan tidak
mengabaikan ke-mengertian ttg teknologi itu sendiri bermanfaat. Itu sama
dengan menguasai Ilmu dan nilai di DNS = A. Yg penting jangan terjebak
antara teknologi dan produk. Menguasai teknologi merupakan pilihan yg
bijaksana

Ade