Hi juga,
Setahu saya, BER test (singkatan dari Bit Error Rate test) bukan dipakai
untuk mengukur bandwidth, akan tetapi untuk mengukur dan menguji kualitas
pengiriman sinyal jalur kabel telekomunikasi (bisa leased line, ISDN,
ataupun frame relay, tapi alatnya akan berbeda2 jenis).
Kalaupun diinginkan, itu bisa dilakukan untuk pengujian terhadap jalur
point-to-point saja (dengan lebar bandwidth jalur sudah diketahui
sebelumnya), tidak bisa multi-point seperti mungkin yang diharapkan untuk
menguji bandwidth suatu akses Internet.
Jika yang dimaksud adalah mengukur penggunaan bandwidth suatu jalur akses
Internet, mungkin bisa dengan yang disebut Protocol Analyzer.
CMIIW.