I Made Wiryana wrote:

> Kalau kata mas Yono (admin pau-mikro) salah satu yang menjengkelkan dari
> MS Exchange adalah kestabilan (ini juga diterangkan di buku Building
> Firewal-nya OReilly he.eh. maklum baru beli...)

Hehehehe, exchange saya dulu suka aneh, tau tau stop sendiri servicenya (?),
coba di restart service nggak bisa :(, udah coba di matiin satu perstatu
service kemudian di aktifin lagi gak bisa, kiri kanan buka http://support
microsoft.com gak dapat jawaban, liat log file binun....akhirnya,
....restart deh...

paling parah kalo ada data yang invalid, jadinya looping,  dan bikin file
*.db yang besar, kalo ini sih ada di bagian support :), caranya, matiin
service, cari file yang gede banget...hapus..restart...
ehm, barang ini gak bisa di tinggalin dengan tenang..

> Qmail jelas di atas MX Exchange dari sisi fleksibilitas dsb.  Tapi
> kerugiannya (kalau disebut kerugian, saya malah menyebutnya keuntungan),
> adalh qmail tidak support fasilitas "proprietary" dari MS MEssage apa
> gitu..he.he. (lupa namanya.. abis nggak standard...)

MS-Exchange punya semacam direktori services yang cuman bisa di kerja
samakan dengan outlook (bukan outlook express), bisa juga lewat Web, cuman
siap siap aja sama hardware :)
standard  ato tidak, hehehehe tergantung siapa yang ngomong..ya 'gak Pak?
hahahahaha

Ada service SMTP dan POP juga kok exchange, cuman yang nggak kuat itu
harganya :)

Servicenya Exchange itu bisa aja di tiru pake IMAP+POP3

Salam,
Irwin