>He..h.eh. saya tadinya mau membiarkan hal ini, tapi nggak enak 8-) soalnya
>diprotes di oON, di channel, katanya kasihan..he.he bikin bingung orang.
             ^^^

oON tuh apa ya Pak ?

>1. Sebaiknya kalau mendiskusikan sesuatu (terutama yg pakai singkatan),
>   harap dimulai dg istilah panjang baru disingkat (..... (CSV))
>   INi membiasakan menulis baik. CSV : Comma Separated Variabel  ?, atau
>   yang lainnya...

ups, maaf kalo bikin bingung ...

File Comma-Separated Value (CSV) adalah textfile yang menyerupai sebuah
table .  Setiap baris di dalam file tsb merupakan record.  Field-field yang
terdapat di setiap record, dipisahkan dengan tanda koma.

Contoh file csv :
Martin,Steve,Jakarta,7938847
Manuhutu,Ferina,Bogor,8736647
Kawilarang,Joko,Bandung,237748
Setiadi,Imran,Jakarta,7663548
 :
 :

dari contoh di atas, terlihat bahwa file tsb terdiri dari 4 field, yaitu
last name, first name, city, dan home phone number.

dalam bentuk xml, data tersebut akan terlihat sbb :
<friend>
  <name>
    <first-name>
      Martin
    </first-name>
    <last-name>
      Steve
    </last-name>
  </name>
  <live-in>
    Jakarta
  </live-in>
  <home-phone>
    7938847
  </home-phone>
</friend>
  :
  :
 dst

itu baru satu record.

saya ingin fokus dalam hal pertukaran data.  lebih spesifik lagi, saya ingin
menekankan pada hal *ukuran data*nya saja.  bukankah xml lebih boros ?
bukankah dengan ukuran yang lebih besar, waktu transfer (via internet) jadi
lebih lambat ?  juga, disk terpakai lebih banyak ?

entahlah kalau dari segi "fungsi", xml dan csv beda jauh ... atau xml lebih
human-readable ... atau xml sedang booming ...
saya juga baru baca xml sekilas kok.  saya cuma terheran2, apa sih
kelebihannya xml di sisi programmer ?  sehingga dikit2 xml ... dikit2 xml
...  mungkin ada rekan2 yg pernah dapat kasus yg *hanya* bisa diselesaikan
dengan xml ?

imho, sih kalau cuma untuk "pertukaran data" mendingan pake csv ... hemat
waktu dan biaya.  toh csv juga bisa dibuka di excel ... tinggal didandanin
dikit, jadi deh.  atau di-parsing pake php.

wuih ... jadi panjang deh e-mail-nya.  maunya sih to-the-point aja.

sorry ....

refernsi ttg csv :
http://whatis.techtarget.com/WhatIs_Definition_Page/0,4152,213871,00.html

adicom ~;)