saya coba dengan setting manual pada bios (HP Brio BA600 PIII 500),
setelah di restart ada pesan error berkaitan dengan HD tersebut,
tetapi dapat melewatinya.
kemudian saya slave dengan HD lainnya, tetap ada error message dan
berhasil
melewatinya, dan pada win 2000 sudah dapat terdeteksi.

dimana saya bisa merubah jumper di m/b untuk mode RAID/ATA ?

kemudian saya coba pasang di mainboard (Xcell 2000)+ PII 400+ bios
amibios 2000.
semua OK tanpa error sedikitpun.

terima kasih