Oh yaa...ini udah dari kemarin2 tetapi tertarik
mengomentari.

Secara umum memang singapur itu memang amerika
minded ( atau takut amerika kali hehehe ) , kalo
nggak salah dia adalah satu2nya negara yg dia
asia tenggara yg kalau pergi ke amerika tidak
perlu visa.

Bisnis di singapur memang lagi lesu, mungkin
karena ( saya masih menduga ), belanja IT yang
menurun, karena kan sekarang IT di negara2
sekitarnya makin maju, dan karena mahalnya ongkos
disana banyak perusahaan yg memindahkan
operasinya ke Malaysia ( salah satunya Compaq,
waktu belum di beli HP). Negara2 di sekitar ITnya
menjadi lebih maju, sehingga tidak perlu membeli
dari singapur, soalnya saya liat udah mulai
banyak perusahaan IT yg stafnya dikirim ke
singapur untunk project disana. jadi bukan karena
tragedi di Amerika semata. Trus mungkin juga
jumlah org Indonesia yg belanja di singapur juga
turun...kan udah ada plaza senayan hehehehe,
katanya sih sekarang orchard road sepi.

kalau masalah ijin tinggal/kerja sih kalo
perusahaan itu sudah menerima karyawan biasanya
ijin kerja dan tinggal tinggal mengikuti saja.
Dan ijinnya juga murah sekitar 40 an sing dollar
pertahun. koq..

Rgds
Ade