Ini sepertinya sudah menjadi kulture budaya dech.
karena di tanamkan sejak mereka kecil, mereka sadar banget kalo negara
mereka kecil
jadi efisien menggunakan ruang, tidak membiarkan sampah berserakan, dan
menata rapi
perabotan.

sepertinya kita bisa mulai dari situ dech.
mulai memberi contoh dan mengajarkan anak displin,
mungkin bisa memulai dari hal sepele seperti membuat sampah

kalo belom berkeluarga mungkin bisa rajin-rajin menegur orang yg buang
sampah sembarangan.

saya jadi ingat dulu,
waktu saya dan teman2 kemping di pinggir pantai, sampah kami biarkan
terkumpul di sebelah tenda
tidak berserakan sich tapi tidak di masukkan wadah.
ketika lagi bengong memandang laut, eh ada 5 orang turi asing, bule dan 2
orang negro, pada
mengambil dan membersihkan sampah di sekita tenda kami.
sepertinya mereka memulailah aktifitasnya sepanjang pantai.

sebetulnya saya kaget juga, ada orang yang hitam legam ngomel sambil lewat
didepan saya dan
memunggut sampah. saya memahami kata-katanya kurang lebih seperti ini
"Orang Indonesia jorok, buang sampah sembarang dan mengotori lingkungan".
walaupun sampah kami tidak berserakan, dalam hati ini malu sekali.

--
.: Bram Andrian :.