:::quote Mas Bram Andrian:::
IT kata orang itu yg berbau komputer.

sepertinya yg sampeyan tanyakan itu kembali ke kita sendiri (global SDM
indonesia) karena tidak berani ambil fungsi spesialisasi dalam dunia IT,
seperti administrator, help desk, programer, database admin, QA.

"bangga" g bisa vb. Karena saya (dulu) memilih di network.. Ada tugas, yo
googling,
kalo untuk kuliah mah seadanya saja,  yg penting ip standart kerja di atas 3.
Rajin masuk, ngerti yg diterangin dosen, kebut semalam pas mau ujian,
abis dapet nilai, di flush saja, tapi save konsepnya. [kalo dibanding fakultas
lain, ip
di mipa obral lho mas]

dan parahnya nya banyak lowongan IT yg di peruntukkan spesialisasi
"Superman" IMHO: seingatku dulu gak ada matakuliah superman.
job desknya dari berbagai disiplin ilmu komputer (dba, programmer,web
design) tapi kompensasinya salary yang di berikan adalah satu bidang saja
yang sekiranya rata-rata salary pegawai.

dapet mulai  fisika, kalkulus, elektronik, digital, jaringan, delphi, pascal,
sampe coding web+ desaign. Masalahnya, sebagian besar mahasiswa lebih
memilih bergelut dengan kuliah dan ip (generasi 2003-2004 dst), yg SIAL-nya ,
digunakan untuk melamar jadi OB IT, dari pada berkonsentrasi pada satu "bidang"

alasan kesempatan, mumpung ada lowongan atau siapa tahu bisa.
sayangnya kita tidak berkerja sehari dua hari dalam bidang ini, jadi
sebaiknya mulai mengambil sikap memberikan pembelajaran dan mulai berani
menjelaskan ruang lingkup job desk secara jelas dan memberikan service yg
lebih spesifik/spesialisa si dengan keahlian tinggi.

masih banyak rekan-rekan IT yg belom kerja gimana kalo sering2 kasih usulan
ke management ,
supaya di out source kan.

UGM, bekerja secara sistem kebut sebulan/seminggu/sehari (sebelum deadline),
scripting tanpa software arsitek, tanpa analisa, tanpa uml, tanpa dfd, tanpa
erd,
tanpa analisa, tanpa whitebox n black box testing (tanpa semua yg bernama
rekayasa perangkat lunak), dan bim salabim jadi..... How pity

tapi sayangnya banyak orang bisa jadi yg ob* IT dan benar-benar bisa jadi
bisa jadi superman :)).

kalo anda tidak puas dengan pangsa pasar di dalam negeri
coba cari pangsa pasar yg berbau dollar, apalagi kalo masih single.
loncat aja ke negara seberang.
kalo sukes undang-undang ya...
kalo gak berani berangkat sendirian ajak temen.. :p

Ato sampean ngajak ke swiss gitu? Hayuuk....

CMIIW