Ikutan nimbrung...
kaget pas pertama dikasih tau ada 'munsyid' ikutan ajang boyband. tapi
tanggapan saya waktu itu, ah...sebelumnya juga pernah kejadian di KDI
kan? KDI juga saya g terlalu suka ngikutin.diskuss di milis ini ttg hal
itu juga g saya ikutin. tapi pas udah tau, jadi suka sengaja merhatiin
klo kebetulan al akh itu tampil di TV. lama-lama kok ya...gimana gitu...
kembali ke boysband.
seperti mas epi, kemarin g sengaja lihat boyscamp dan ada isu tersebut.
meski terkesan diatur skenario, apalagi pas lihat cuplikan duet
mereka....GLEK...ngurut dada deh...itu yang terlihat kamera, bagaimana
dengan yang tidak?(ups...g boleh suudzon y?)

kemudian menanggapi Mas Teguh...
gak bisa dipungkiri, nasyid berawal dari komunitas tarbiyah, meski
dalam perkembangannya sekarang, banyak tim nasyid yg bukan dari
komunitas tarbiyah. meski mereka tetap mengusung nasyid sebagai syiar,
musik dakwah. segmentasi pencinta nasyid pun mulai berkembang ke
kalangan umum. di beberapa pihak, komunitas tarbiyah sendiri
mulai 'tidak simpati' terhadap nasyid. kenapa?
ya..karena menurut idealisme sebagian mereka nasyid sudah melenceng
dari pakemnya.

yang menjadi kekhawatiran saya, bukan berpindahnya aliran mereka dari
nasyid ke musik konvensional. itu sah2 aja kok, termasuk ketika
penggemar nasyid juga suka lagu-lagu peterpan misalnya.
tapi...konsekuensi yang akan mereka terima setelah itu.
ada yang ingat kejadian ketika faris JV masuk 10 besar finalis AFI2 di
yogya?
itu baru jadi finalis lokal. belum 'ngapa-ngapain', masih hanya sekedar
bernyanyi di depan juri. tapi orang sudah menjudge yg macam2, sampai
Faris merasa tertekan. padahal semua itu dilakukan bukan tanpa alasan
kan?
bagi yg melihat boyscamp beberapa hari lalu (seperti mas epi)pasti
mengurut dada seperti saya.
memang, hak masing2 memilih langkah hidup, apalagi bagi yg masih usia
remaja seperti farlan dkk. tapi kita juga harus ingat, bahwa jangan
sampai kebebasan berekspresi kita mengganggu kenyamanan orang lain.
mungkin belum adik2 kita itu sadara, bahwa keikutsertaan mereka di
boyband itu sedikit atau bahkan banyak membuat image nasyid jadi jatuh.
nasyid, dan lagu2 islami baru saja mulai dilirik dan dihargai oleh
masyarakat umum. mereka bahkan orang yg 'sudah mengerti' pun menganggap
para munsyid adalah orang yg patut dijadikan contoh.
bukankah tak jarang kita mendengar, ada orang berkata" kok munsyid
pacaran ya? kok munsyid hijabnya longgar ya, kok munsyid dan kok
munsyid lainnya...."
MUNSYID JUGA MANUSIA...
mungkin sekarang...solusinya...
kita bisa menjudge orang lain, karena belum tentu kita lebih baik di
mata ALLAH dibanding mereka.
saya berhusnudzon, keikutsertaan mereka pun bukan tanpa pertimbangan
kan? klo g salah sebelumnya mereka sempat tampil di ajang apa ya
namanya, kayak adu berani gitu.
buat yang kenal atau bahkan dekat dengan mereka
tolong diingatkan...tentu saja dengan cara2 yang ahsan. tapi klo sudah
jadi pilihanm ereka, ya mo gimana lagi? toh hidayah itu hanya milik
ALLAH kan?
entahlah...masih banyak yg 'nyesek' di dada saya
tapi saya yakin...
masih banyak munsyid2 yang istiqomah dalam dakwah seni ini

ALLAHU AKBAR

Wassalamu'alaikum wr wb

~afwan klo ada yg tersinggung~

Mari bersama-sama mengharumkan Islam lewat kebudayaan/seni Islami