Itu tuduhan salah bung, bahkan bisa dibilang mengarah ke pencemaran nama
baik.

Fakta:

DS telah melakukan pembajakan besar-besaran atas foto-foto EA/MNM/IA.  Saya
coba mengontak moderator dan pemilik DS agar pembajakan dihentikan.  Awalnya
respon dari salah satu moderator cukup positif, yaitu membatasi postingan
foto-foto EA/MNM/IA di DS (policy 3 foto per model, mungkin anda ingat.)

Sayangnya banyak pihak lain di DS yang tidak suka dengan policy itu, lalu
dimentahkan.  Saya lalu mencoba mengontak lagi pihak moderator dan owner DS.
Sayangnya respon dari owner DS kali ini kurang positif.  Lalu DS meminta
saya untuk "berkontribusi" supaya pembajakan di DS bisa dibatasi.

Meskipun:

1) Penghentian pelanggaran copyright seharusnya tetap dilakukan, lepas dari
ada atau tidaknya "kontribusi."

2) EA/MNM/IA sebetulnya tidak berminat untuk beriklan alias "mensponsori"
karena tidak banyak yang bisa diharapkan dari member dari forum-forum yang
terbiasa gratis.

Kami dari pihak EA/MNM/IA memilih untuk mengikuti kemauan DS dengan
"beriklan" di DS agar masalah tidak berlarut-larut.  Perlu anda ketahui
bahwa banner EA/MNM/IA sama sekali tidak pernah kami kirim dan tidak pernah
terpasang di DS barang satu menit pun.

Meski tidak pernah memasang banner sama sekali, kami sudah melakukan
pembayaran sebanyak 2x ke DS.  Memasuki bulan ke-3 karena kondisi yang
sedang benar-benar jelek, saya mengontak DS memberitahu tentang penundaan
pembayaran ke-3, yang disetujui.

Masuk bulan ke-4, saya mengontak DS lagi untuk memberitahu bahwa pembayaran
meski terlambat akan segera dilakukan.  Saya beritahukan juga bahwa kondisi
kemarin memang sangat jelek sampai saya mencari penyandang dana dari luar
untuk melakukan update (dan itu sudah dikembalikan.)  Pada saat yang
bersamaan saya melihat bahwa ternyata di DS materi bajakan banyak sekali
beredar, saya jadi meminta DS supaya kesepakatan tentang pembatasan
pembajakan tetap dipegang.  Saya juga ingatkan bahwa kalau kondisi situs
jelek karena terlalu banyak dibajak, pembayaran ke DS juga dengan sendirinya
tersendat karena tidak tersedianya dana untuk dibayarkan.  Dimana yang
salah?

Sayangnya kali ini respon dari DS bahkan benar-benar negatif.  Selain memban
account saya di DS, pembajakan di DS juga malah makin gila-gilaan.  Saya
berulang-ulang mengontak pihak DS lewat moderatornya untuk mengingatkan
bahwa pembajakan bisa jadi penyebab ditutupnya suatu forum, tapi sepertinya
pihak DS sudah masa bodoh.  Akhirnya memang terpaksa saya laporkan DS ke
host nya, dalam hal ini Softlayer.  Pihak host akhirnya memberi warning
kepada pihak DS untuk menghapus materi-materi bajakan dari server DS.
Sekali lagi jalan ini bukan pilihan saya tapi pilihan dari pihak DS sendiri.
Pada saat yang bersamaan, muncul UU ITE yang dijadikan juga alasan oleh DS
untuk menutup forum lama dan membuka forum baru.

Dari ini semua, anda harusnya bisa menilai masalahnya dimana.  Selama ini
mungkin banyak anggota DS yang hanya tahu sebagian informasi saja, ada hanya
dari satu sisi saja.  Mudah-mudahan ini bisa mengclearkan bagi banyak orang.

Belajar dari kasus DS ini, kami tidak akan lagi menyeponsori forum/situs
sejenis karena tidak mendidik.  Seharusnya yang kami lakukan adalah sama
dengan saat menolak percobaan pemerasan beberapa tahun yang lalu.  Terbukti
meskipun kami turuti, toh tidak lantas orang lain jadi mengerti.

Hobby bisa berkembang bung!  Berapa banyak perusahaan yang dimulai sebagai
hobby.  Murah hati dan membagikan ke beberapa yang kurang mampu?  Kalau ada
yang hanya mampu beli motor bebek, tapi lantas merampok karena ingin beli
BMW, boleh??

"Beberapa" itu berapa persisnya bung?  Ratusan?  Ribuan?  Puluhan ribu?
Ratusan ribu?  Dari dulu juga policy kami sih kalau tidak terlalu parah kami
tidak terlalu ambil pusing.  Silahkan anda lihat sendiri secara obyektif,
pembajakan di forum-forum itu sudah keterlaluan tidak?  Bahkan yang terbaru
pun sudah diedar bebas.  Sedangkan jumlah member resmi sendiri hanya berapa?
Kalau jumlah nya masih cukup pun, kami juga tidak akan terlalu ambil pusing!

Masalah fee berlangganan, fee memang naik bung - bukan fee berlangganan yang
naik saja tapi juga honor model, honor agen, honor makeup, sewa kamar, beli
alat, beli kostum, transportasi, konsumsi, hosting, koneksi internet semua
naik.  Harga bensin 2 tahun lalu berapa bung?  Sekarang berapa?  Apa karena
sekarang bayar rupiahnya lebih banyak jadi bensinnya juga harus lebih
banyak?  Dan apapula hubungan antara fee dan bajakan?  Mau fee semurah
apapun, bajakan tetap saja beredar.  Mau fee semahal apapun, bukan berarti
bebas membajak.

Sekali lagi, jangan sampai keinginan anda untuk mendapatkan barang gratisan
membutakan anda dari benar dan salah.