TENTANG MANTAN PRESIDEN SOEHARTO Dear Friends, Kemarin sore saya menulis tentang mimpi tentang Soeharto di malam sebelumnya, sbb:
+++ Aneh tapi nyata, malam tadi saya mimpi bertemu mantan presiden Soeharto. Rasanya gak seperti mimpi, gituh, so maybe itu OOBE (Out of Body Experience). Jadi, saya merasa seperti berhadapan muka dengan Babe, dan Babe kite itu kok kelihatannya sehat2 saja, gak sakit gituh. Trus Babe ngoceh bahwa inilah Indonesia yang diwariskannya. Memang seperti ini, dan itu yang maksimum yang dia bisa lakukan. Terus aku melihat bahwa di bagian dada Babe itu seperti berderet-deret nama anak-anaknya. Terus aku tanya bagaimana dengan segala sesuatu yang diributkan dan sekarang atas nama anak2nya. Eh, Babe malah MARAH. Bener2 marah, pokoknya galak deh. So, Babe kite bilang bahwa anak2nya itu "Senior" bagi orang2 Indonesia (Maksudnya "Senior" itu apa yah ?). Terus Babe bilang, kalo mao, ya nyari sendiri2 aja, dan gak usah ngutik2 apa yang udah dipegang sama "Senior2" itu. Begitu yang aku lihat. Ternyata gak sakit yah. Ternyata masih galak yah. Dan yang diomongin oleh Babe itu ternyata cuma tentang segala sesuatu yang dipegang oleh anak2nya itu. Babe ternyata mao anak2nya itu dibiarin aja. Gak usah dikutak-kutik gituh. Terus, kalo mao pake cara2 Babe supaya bisa bikin orang jadi kayak anak2nya itu, ya please jalan sendiri aja. Babe gak keberatan dengan cara2 seperti itu. Hmmm, mimpi yang GAMBLANG SEKALI. Belum pernah aku mimpi ketemu Soeharto, apalagi ngomong face to face dengan TOPIK SPESIFIK, yaitu tentang anak2nya. Ternyata gak sakit yah, ternyata lagi fight buat bela anak2nya. Just that. +++ Seorang rekan mengomentari mimpi itu sbb: ILMU BINATANG: Induk Semang Binatang (kendatipun menyangkut Binatang yg terlemah. CONTOH: ambillah Ayam Betina yg baru menetaskan telurnya) akan selalu BERANGAS dan ATAU MENJADI SANGAT BUAS dan bahkan akan Mempertaruhkan Jiwanya sendiri jika ada yg berani mengancam Anak2nya atau jika Anak2 asuhannya terancam dari bahaya. Dan Soehartopun tidak jauh dari......? (itu). +++ Dan berikut tanya jawab antara saya dan seorang rekan lainnya di Palembang: T = Met sore Mas Leo, bener niy ada mimpi soeharto hehehe ? J = Bener mas, ternyata GAK SAKIT tuh. Aku liat di mimpi sehat2 saja tuh. T = Hmm bisa gitu yah, cause di berita kan hampir semua organ vital dah ga berfungsi gitu, cm otak yg masih sehat berfungsi.. Mungkin Babe lg OOBE kali ya ? J = Gak zelas tuh, aneh juga bisa face to face begitu. Babe itu ngoceh tentang anak2nya. Dia mao anak2nya itu dianggap "senior". Supaya dihormatin dan gak dikutak- kutik. Ngomongnya cuma itu saja. Cuma minta anaknya dianggap sesepuh dan dibiarkan, just that. T = Hmm, saya merasa beliau itu masih bisa jalan2 via OOBE gitu semacam rogo sukmo dsb. Bisa juga apa-apa yang selama ini termasuk pembangunan yg pernah dia lakukan di Indonesia jangan diganggu biarlah berjalan sendiri, termasuk program2 utk rakyat yang dicanangkannya spy dibiarin jalan terus; aku ngerasa gitu, tp pengertian lainnya mkn spt yg mas sebutin itu. J = Ya itulah, aku sendiri GAK TERTARIK buat ngebahas Soeharto. Aku gak minta, eh nongol sendiri. Close up lagi. Dia itu seperti ngomong sendiri, ngomel2 sendiri. T = Hmm jarang yg bisa spt itu.. J = Itu gak diminta mas, dateng sendiri. Belom pernah Soeharto muncul di mimpi aku, apalagi close up dan ngomel2 seperti itu. Maybe bener2 dia itu lagi ngurusin anak2nya supaya aman2 aja. Yg diomongin BUKAN tentang Indonesia, tapi tentang anak2nya. That's the point. +++++++++++++ ACARA SHARING / MEDITASI, 26 JANUARI 2008 T = Mas Leo, boleh tanya ya... saya pemula dalam hal meditasi. Coba coba dengan mengkonsentrasikan di titik antara 2 alis, mencoba "kosong", tapi kok yang ada pikiran melayang layang kemana mana dan malah jadi ngantuk. Gimana ya mas ? J = Ya udah, kalo melayang, ya enjoy aja. Itu kan meditasi di Cakra Mata Ketiga. Memang melayang, enjoy aja. T = Cepet banget ngantuk tapinya. Supaya bisa konsentrasi penuh apa yang mesti saya lakukan ? Saya coba melemaskan seluruh badan, rileks, eh yang ada saya malah ketiduran. J = Hmmm hmmm hmmm... supaya konsentrasi penuh, ya SANTAI AJA. Gak usah maksain diri. Kalo ketiduran, ya udah. Next time coba lagi. Begitu aja. Lama2 juga bisa. Dan itu GAK lama. Paling sebulan juga udah biasa. Yang penting gak usah tegang, gak usah maksain diri. Apa adanya aja. T = Ok, thx, sorry mau tanya lagi. Beberapa waktu lalu saya bermimpi berturut turut tentang laut. Apa maksudnya ya ? J = Laut itu artinya ORANG BANYAK. Macam2 background. Berarti pembelajaran melalui pertemuan dengan BANYAK ORANG. Itu artinya, simbolik saja. T = Saya kok nggak merasa ada peningkatan ya ? Gimana menurut mas ? J = Well, yang namanya peningkatan kan TIDAK harus selalu dirasakan. Kalo kita udah bener2 gak perduli mao meningkat atau tidak, itu baru peningkatan. Kalo tinggal di Jakarta, nanti ikut aja acara sharing dan meditasi bersama tgl 26 Januari 2008. Daftarnya di <http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>. It's free, acara dari kita dan untuk kita. Ikut aja, langsung daftar aja. +++++++++++++ MIMPI BERTEMU DENGAN ALMARHUM AYAH Salam kenal Mas Leonardo Rimba, Gini mas, saya mau tanya tentang arti mimpi kakak saya. Kakak saya bermimpi kalo dia diajak ayah saya (sudah meninggal) untuk memagari atau mengelilingi saya dengan kawat berduri. Katanya, kakak saya bermimpi yang sama 2 kali. Kakak saya menafsirkan mimpinya, kalo saya disuruh membuka hati untuk pria lain, karena saat ini saya tengah menjalin hubungan dengan seorang pria yang terpisah jarak, tapi apa hubungannya ???? ... Apakah ada indikasi ayah saya tidak menyukai pacar saya ??? Istrinya (kakak ipar saya) juga bermimpi kalo saya diajak ayah saya ke rumah kakak dan kakak ipar, dan kita berempat ngobrol di kasur yang bagus. Saya sendiri juga bermimpi kalo saya ngobrol dengan ayah saya dan saya minta dia untuk hidup kembali dan ayah menjawab "Tidak mungkin"; kemudian saya jawab lagi "Ya sudah pokoknya saya ditemani" dan ayah saya menjawab ya dia nanti akan menemanimu (sambil menunjuk arwah ayah saya sendiri yang berdiri terpaku di pojok). Mohon dibantu ya mas... Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih... (Lia) +++++++++++++ JAWABAN SAYA: DRAMA PSIKOLOGIS INTRA KELUARGA Begini Mbak Lia, saya merasa Anda ini mempunyai hubungan khusus dengan almarhum ayah anda. Jadi seperti anda ini dulu memang sangat diproteksi oleh ayah anda sehingga tidak dapat bebas menjadi diri anda sendiri. Nah, anda itu dulu bukan semacam seorang anak "pemberontak" tetapi lebih banyak menuruti kemauan ayah anda. Sejak ayah anda meninggal, anda seperti mencari-cari figur yang bisa mendekati, tetapi tidak ada. Kalaupun ada, figur itu jauh secara fisik (pacar anda sekarang). Saya sendiri merasa figur yang anda cari itu tidak bisa dapat sampai sekarang. Anda mungkin merasa bahwa pacar anda yang jauh itu paling mendekati sosok ideal anda, tapi orang2 melihatnya tidak seperti itu. Tapi anda TIDAK perduli. Well,... ini semacam drama psikologis, mbak. Jadi ada semacam ikatan2 dari masa lalu yang MASIH dicoba untuk diteruskan. Menurut saya, hal2 semacam perasaan ingin melindungi dsb... yang diperlihatkan oleh kakak dan kakak ipar anda itu termasuk wajar2 saja. Mereka merasa "mewarisi" rasa ingin melindungi anda, seperti yang dulu diperlihatkan oleh almarhum ayah anda... --So, solusi-nya itu lalu bagaimana ? Well, solusinya itu is UP TO YOU. Anda itu mau mengikuti "tekanan2" yang datang dari keluarga, atau mau mengikuti "dorongan2" yang datang dari dalam diri anda sendiri. Kalau anda mau keduanya, tarik menarik antara keluarga (kakak dan kakak ipar) dan diri anda akan berlangsung bertahun-tahun. Kalau anda "memberontak", kemungkinan anda akan berhasil dalam hubungan dengan pacar jarak jauh itu. Kemungkinan gagal juga ada. So,... memang gak ada solusi yang gampang. Ini kan, sekali lagi, termasuk Drama Psikologis. Ada semacam pressure agar anda tetap menjadi anak penurut, dan ada dorongan dari dalam diri anda sendiri agar anda dengan SENGAJA melanggar apa yang di masa lalu telah anda turuti. So,... dijalani saja. Kalau mau langgar, ya langgarlah, it's your own life. Kelihatannya harus seperti itu, sebab akan ada PELAJARAN yang anda bisa dapat. Kalau menjadi anak penurut kan dulu udah pernah, ngapain diterusin? (Leo) +++++++++++++ WE ARE PART OF ONE ANOTHER T = Aku nulis lagi nih. Ada kata kata "sabdo pandita ratu", aku tau ini dari alm mertua. Trus pengertian itu kita sambungkan dengan "manunggaling kawulo gusti". Trus kita sambungkan lagi dengan jalan "unity" Lalu kita aduk aduk, mabuk sekali jadinya. Heran, jadi nya ya biasa biasa saja. Jadi aku manusia biasa. Aku udah nyampe, aku tau, aku memerintah, aku mengasihi, aku marah. Trus nggak ada apa apa, aku manusia biasa. Trus, aku tau lagi, ya, ya, aku manusia biasa. Dirimu, diriku. Cintamu, cintaku. Kasihmu, kasihku. Marahmu, marahku. Kalau aja boleh "nggak tau", bagai kan nggomong pada orang buta + bisu + tuli, tapi harus ngomong. J = Hmmmm hmmm hmmm... ya MEMANG BEGITULAH. I am part of you, you are part of me. I live in you, you live in me. And we all live in GOD (bagi yang pakai pengertian GOD). We are part of one another, memang seperti itu. Dan kalau sudah mengerti itu, ya udah aja. Enjoy aja. +++++++++++++ APAKAH BISA MIMPI MEMPENGARUHI KEHIDUPAN NYATA ? T = Hai Mas Leo, ketemu lagi. Ingat nggak mas bbrp hari lalu aku pernah bertanya ttg mimpi mendaki puncak gunung. Dan menurut Mas Leo berarti mengenai beratnya masalah yg kami (aku dan kekasihku) akan hadapi, meskipun masalah tsb sekarang tidak seberat dulu lagi dan kami dapat melewatinya (menurut Mas Leo). Wah... bikin seneng hatiku nich dengernya... hehehehe. Mas, mungkin nggak sich mimpi bisa mempengaruhi kehidupan nyata ? J = Well, yang namanya "mimpi" dan "kehidupan nyata" itu memang sambung-menyambung. Yang kita mimpikan itu merupakan REFLEKSI (pantulan) dari kehidupan nyata. Dan kehidupan nyata ini merupakan refleksi (pantulan) dari yang kita mimpikan. Of course ada hubungannya. Baik mimpi maupun kehidupan nyata sama2 REALITA. Cuma, yang satu itu kita sebut sebagai Realita Mimpi, dan yang ini kita sebut sebagai Realita Kehidupan Nyata. Pedahal sama2 REALITA. Realita itu artinya REAL atau nyata. Buat jiwa kita, gak ada bedanya pengalaman itu dialami di dunia mimpi atau di dunia fisik. Cuma, pikiran rasional kita itu membedakan antara mimpi dan non mimpi. Pedahal, jiwa kita itu TIDAK MEMBEDAKAN. Yang dialami di mimpi sama realistisnya dengan yang dialami di dunia non mimpi. Sama2 pengalaman bagi jiwa. T = Tetapi yg membuat aku bingung sekarang ini adalah justru masalahnya menjadi semakin komplek dg sakit parahnya kekasihku, aku jadi bingung untuk bersikap. Padahal aku sudah rela menerima dia apa adanya tetapi sikapnya selalu sulit aku tebak. Bisa tolong diteropong mas, kira2 bagaimana hubungan kami? Dan bagaimana dg bisnis baru yg akan aku rintis, krn ada beberapa teman yg mengajak bermitra tetapi aku masih bingung menentukan pilihan mitra dan jenis usaha yg sebaiknya segera direalisasikan. Makasih ya Mas Leo, sorry... ngerepotin lagi nich, hehehe.. jangan kapok ya, hehehe.. J = Begini mbak, yang aku lihat in your dream itu, anda BISA menjadi diri anda sekarang ini karena masalah yang dihadapi oleh pacar anda itu. Jadi, sakitnya pacar anda itu membuat anda menjadi setegar sekarang. So,... kalau pacar itu semakin lama semakin impossible, itu JUSTRU membuat anda semakin tegar dan siap menghadapi apapun, termasuk bisnis. Itu yang aku lihat. Jadi, memang masalah2 yang kita hadapi di dunia fisik (non mimpi) itu seperti "tantangan2" yang kita pilih sendiri, baik secara sadar maupun secara tidak sadar. Tetapi Alam Bawah Sadar (Subconscious) kita itu TAHU dan MENGERTI bahwa kita itu memang menerima masalah itu dengan maksud agar kita itu BISA menjadi diri kita yang lebih oke (Misalnya: lebih tegar, lebih dewasa, lebih independen, dsb...). Jadi seperti memilih mata kuliah. Mau ambil kuliah yang mana nih. Nah, di kuliah itu kita akan diajarkan teori DAN praktek. Life is like that. Hidup memang seperti itu, mbak. Jadi, gak usah heran kalau melihat ada orang yang mau2nya itu BERTAHAN TERUS dengan orang yang impossible. Wong itu pilihan dia kok. Jiwa yang ada di diri orang itu dengan SENGAJA memilih tantangan itu. Dengan kata lain, itu sekolah dan mata kuliah yang diambilnya sendiri. Nanti ada yang namanya "ujian2". Dan kalo ujian udah jelas maunya lulus kan? That's my answer for you. Semoga bisa ditangkap maksudnya. +++++++++++++ BERTEMU LORD GANESHA DI DALAM VIHARA BUDDHIST Dear Sir, Kemarin malam saya bermimpi, mungkin mimpi saya ini bukan apa-apa, tetapi saya hanya penasaran karena saya jarang sekali bermimpi. Begini, rasanya saya melihat jalan yang sangat panjang seperti tidak ada ujung dan pangkalnya, terdapat dua dinding yang sangat tinggi di kanan dan kiri jalan itu (semacam gang/lorong yang sangat panjang), saya sedang berjalan di jalan itu. Bersama saya juga terdapat banyak manusia-manusia lain yang juga sedang berjalan searah dengan tujuan saya, semuanya hanya berjalan tidak bersuara (diam), tiba-tiba dari arah belakang datang mobil baja yang sangat besar dan memiliki lebar yang sama persis dengan gang/jalan yang saya lalui, perlahan tapi pasti mobil itu menggilas semua orang yang ada di depannya, seketika saya menjadi panik, saya bingung bagaimana cara agar bisa menghindar. Tiba-tiba di sebelah kanan saya muncul sebuah pintu dan saya masuk ke pintu itu, maka saya selamat, hanya saya yang masuk ke pintu itu, sehingga yang lain tidak selamat. Kemudian saya merasakan hembusan angin yang sangat lembut dan sejuk dari arah dalam pintu itu, saya pun mencoba untuk melihat ke arah angin itu, saya melihat sebuah wihara Budha disitu, ada rasa hati saya untuk sembayang disitu tapi sebagian hati saya merasa ragu (mungkin karena saya seorang Hindu dan itu adalah Wihara Budha), tiba-tiba entah dari mana muncul seorang wanita dan berkata kepada saya "Masuklah, gak apa-apa", kemudian saya jawab "saya gak pernah sembahyang disini", dia menjawab "gak apa-apa sembahyang aja", kemudian wanita itu menghilang. Sayapun masuk ke Wihara itu, saya melihat seorang Chinese sedang sembahyang, di hadapannya saya melihat "Vibuthi" yang tercampur dengan sisa-sisa dupa. Orang Chinese tersebut mengambil Vibuthi itu tanpa membersihkannya dulu, kemudian saya membersihkan Vibuthi itu dan menaruhnya ke kening saya, lalu saya masuk ke dalam, saya mencari-cari sang Budha didalam, tetapi yang saya temukan adalah Lord Ganesha, saya merasa sangat senang sekali hingga saya menangis (Karena wihara adalah tempat sang Budha, tetapi saya menemukan yang saya puja disitu), saya memujaNya seperti orang gila, mula2 saya membisikan Mantram Ganesha dikakiNya sehingga kedua matanya terbuka, tetapi saya tidak puas, kemudian saya membisikkan mantram tersebut di mataNya, tetapi saya juga tidak puas, dan kemudian saya membacakan mantram tersebut ditelingaNya, lalu mimpi itupun sirna, dan saya kembali tenang dalam tidur saya... Maaf ya Pak Leo, mimpinya panjang, saya yakin ada sesuatu dibalik mimpi itu, tetapi saya tidak mengerti apa itu, saya mohon bantuan Bapak, Terima kasih sebelumnya... Rgrds, (Mohan Keswani) ++++++++++++++ JAWABAN SAYA: YOU ARE PART OF BOTH GANESHA/BUDDHA Dear Mohan, What a WONDERFUL VISION ! Itu suatu penglihatan yang luar biasa. Banyak yang berjalan di lorong kehidupan, tapi hanya sedikit yang dibukakan PINTU. Mimpi itu begitu jelas artinya. Lord Ganesha is Buddha, dan BUDDHA is LORD GANESHA. Sama saja. Bahkan di dalam Vihara anda akan menemukan Buddha sebagai Lord Ganesha. Dan di dalam a Hindu Temple, seorang Buddhist akan menemukan Buddha. What's the difference? In essence, Buddha is Ganesha, dan Ganesha is Buddha. Sama saja. Semua itu SIMBOL2 belaka untuk communicate sesuatu yang very essential. The essence is the Spirit of God. Dan itu bisa mengambil bentuk macam2 SIMBOL seperti Buddha, Ganesha, Shiva,... Jesus, Saint Mary, macam2 simbol untuk communicate essence yang sama. I'm glad you did write. Well,.. by the way, I DID see Ganesha in my vision. Beberapa tahun yang lalu, ketika sedang meditasi, tiba2 Ganesha muncul di hadapan saya. Itu VISION saya yang pertama ketika meditasi. Setelah itu muncul vision2 yang lain seperti Syekh Abdul Qadir Jaelani, Dewi Kuan Im (Bodhisatva Avalokitesvara),... dan lain2. Tapi yang pertama kali muncul di vision saya ketika meditasi itu memang LORD GANESHA. Very serene, very soothing,... calmed. He is part of you, and you are part of Him. (Leo) +++++++++++++ [Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click: <http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>. NOTE: Except mine, all names used in the YM / email conversations are PSEUDONYMS.] Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
