Angka 5 x EBITDA adalah nilai yang UMUM... CMIIW...

Tapi tentu kita harus memperhatikan bisnisnya, misalnya angka
tsb tentu tidak bisa digunakan untuk perusahan Tambang yang
resourcenya tidak RENEWABLE. Umur tambang minyak ada yang
umurnya dibawah lima tahun, minyaknya udah kering...

Pada case ini, kita harus menjumlahkan EBITDA thn 1 + EBITDA
thn 2 dst sampai akhir umur perusahaan atau ahir konsesi atau
akhir hak guna tanah atau akhir hak guna perkebunan atau
akhir hak lisensi dll tergantung bisnisnya.

Pada masa resesi banyak sekali perusahaan yang EPS, PER dan PBV
negatif sehingga harga sahamnya MURAH, padahal kalo kita pake metoda
EBITDA maka perusahaan tsb SANGAT BAGUS, seperti UNTR yang
ngejoss lebih tinggi dari ULTRA JOSS...

Maka tidak disangkal lagi metoda EV/EBITDA adalah SENJATA PAMUNGKAS
para Investor dan Acquisition Shooter...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Danny Martinus" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Menurut Ben. Graham EBITDA = Owner's earnings (nilai return yang
sebenarnya
> untuk owner / shareholder).

> Saya pikir yang susah adalah mencari nilai pengali yang wajarnya.
> Bagaimanakah menentukan nilai pengali yang wajar untuk contoh
Carrefour: 5
> atau 8 atau mungkin lebih dari itu.

In low income neighborhoods, 84% do not own computers.
At Network for Good, help bridge the Digital Divide!
http://us.click.yahoo.com/EpW3eD/3MnJAA/cosFAA/zMEolB/TM