Sent: Friday, January 13, 2006 5:38 PM
Subject: Re: [obrolan-bandar] Re: PGAS mau stock split? (PTBA???)

Wah pak UNTUNG, kalo PTBA saya nggak seyakin ANTM atau PGAS naiknya.

  • Kadar Air Batu Bara PTBA sampai 40% jadi harganya sekitar 10-15% lebih murah daripada yg punya BUMI. WALAUPUN kapasitas produksi masih bisa di genjot 6 kali dari sekarang tapi kendala ada di angkutan Kereta Api (rel single track), rela harus berbagi dgn KA penumpang, barang milik PTKA.
  • 70% volume penjualan di beli secara kontrak utk PLN, dan ada rencana kalo pembangunan rel double track nggak jalan, volume penjualan akan digenjot utk pembangkit listrik batu bara yg akan di jual listriknya ke pulau Jawa (that is govt.intervention). PTBA di set sepertinya sebagai perusahaan PSO batu bara. Selama GOLKAR kuat di pemerintahan KK batu bara akan mengalir ke swasta/asing (see BUMI).
  • Apabila double track udah dibangun atau sedang di bangun (rencana pembangunan 2007 selesai 2008 dgn bantuan RRC, tapi masih belum jalan nggak ada berita lebih jauh), harga PTBA bakal melambung sampai 2-3 kali harga sekarang. Kalo tidak saya kira naiknya nggak tajam.
  • Dari jaman Dirut PTBA pak SOENARDI (saya kenal keluarganya) tahun 97-an sampai sekarang orang baru, PTBA gagal mendapat lahan tambang batu bara baru, yg Kontrak Karya (KK)-nya, lebih banyak diberikan atau di jual ke asing/swasta.
Beda dgn ANTM, ketika explorasi baru selesai, Suharto jatuh tahun '98. Asalnya FENI III & IV mau/hampir saja  diberikan ke INCO atau RIO TINTO. The regime fell, so ANTM is pretty much in the good shape. Untungnya pemerintahan Gus Dur dan penggantinya lebih membela kepentingan BUMN.

Saya kira ANTM sudah wajar utk tahun ini, saya pun sudah lepas di 4200, tinggal nonton naiknya saja. Tapi kalo utk tahun 2007 dan seterusnya masih bisa ada peluang naik (ada FENI IV, ALUMINA TAYAN dsb). Tidak ada yg tidak mungkin utk ANTM.

YAHOO! GROUPS LINKS

Kirim email ke