Sebelumnya saya minta maaf buat teman2 yg cukup yakin dg FA TA PA
atau tools yg lain; bukan apa2 sy cuman berusaha
mengembangkan "berbeda tetapi tetap satu" yaitu di BEJ ini kita
bertransaksi.
Alasan saya memakai Strategi adalah sbb:
1. Utk FA; saya sudah mengumpulkan SEMUA riset asing dan 5 besar
sekuritas lokal. Semua riset itu sy pelajari utk mengetahui FAKTOR2
apa yg membuat FAIR PRICE yg mereka tetapkan berbeda. Saya lihat
adlah "UN-CONTROL-ABLE FACTORS", Padahal mereka semua pasti liat Lap
Keu, Kapasitas produksi, market share dll pasti sama; tetapi harga
FAIR PRICE tetap berbeda.
KESIMPULAN: saya lebih suka kalo ada ANALIS/RISET yg "BERBEDA",
Yaitu yg bilang harga target TINGGI ketika market price sedang turun
bahkan sedang rendah2nya. Di sisi lain kalau market price udah
tinggi RISET INI bilang sdh overValued atau tdk nambah2i lebih
tinggi.
2. Utk TA; seringkali para trader/analis TA berani merekomend buy di
harga support dan jual harga resistance.
KESIMPULAN: saya paling suka beli ketika org2 secara teknikal cut
loss, atau jual di harga2 support menurut para trader TA.
Contoh kasus paling baru adlh PTBA; OVERALL cost saya 1800an. Saya
mulai beli lg utk TRADING: beli 1850 jual 1920; beli 1940-1960 jual
2000, ini saya lakukan beberapa kali; kalo kita lihat berulang kali
PTBA nyentuh 2000 terus turun lagi ke bwhnya. Kecuali minggu kemarin
saya jual 2000an, karena saya lihat udah ndak mau turun lg saya "BUY
BACK" di 2010 terus saya jual di 2075 hr ini. Nanti kalo teman2 yg
beli di 2075 kuat ngangkat akan sya beli lg di 2125-2150 utk jual di
2200. Let'us see...
Kenapa strategi begitu karena saya suka jual ketika org2 berani beli
krn di situ volume sedang besar2nya.
3. Utk PA; utk masalah pengendalian emosi saya sering merasakan
BESAR KECIL KECIL BESAR
ARTINYA: Ketika kita pegang saham BESAR (jumlah) untung kita malah
kecil; mungkin jualnya terlalu cepat, atau hal lain. Ketika pegang
KECIL malah kita dpt mengikuti saham tersebut sampai NEW HIGH. Ini
kan cukup merepotkan secara emosional.
Apakah teman2 OB juga sering mengalami hal serupa???
KESIMPULAN: saya menganggap trans di bursa adalah permainan
softball. Seorang BABE RUTH tidak selalu melakukan HOME RUN, tetapi
pool demi pool. Kalo Bung EKA SUWANDA mungkin sedang HOME RUN di
BLTA selamat buat anda!
Semua ini kalau BERBEDA dg teman2 OB saya tdk berkecil hati karena
supaya bursa kita terus rame; TEMAN2 JUAL SAYA BELI demikian
sebaliknya, jadi harga terus bergerak. Begitu kan MBAH?
Please comment......Don't Worry be happy

Try Online Currency Trading with GFT. Free 50K Demo. Trade
24 Hours. Commission-Free.
http://us.click.yahoo.com/RvFikB/9M2KAA/U1CZAA/zMEolB/TM