Rupiah & IHSG Turun
Dana Asing Masih Parkir di RI
Dadan Kuswaraharja - detikcom
  Jakarta - Turunnya nilai tukar rupiah dan Indeks
Harga Saham Gabungan (IHSG) saat ini, diyakini sebagai
koreksi normal biasa. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri
Mulyani optimistis dana-dana asing yang parkir di
Indonesia belum keluar.

"Dari sisi komposisi pemain menurut saya tidak ada
alasan untuk terjadinya reverse capital outlook, kalau
terjadi profit taking mungkin saja terjadi pada
sekelompok pembawa dana atau hedge fund," ujar Menkeu.

Hal itu disampaikan Menkeu, usai melantik pejabat
eselon II di lingkungan Bapepam dan DJLK, Ditjen
Piutang dan Lelang Negara, Sekretariat Jenderal, serta
Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Departemen
Keuangan (Depkeu), di Gedung Depkeu, Jalan Lapangan
Banteng, Jakarta, Selasa (16/5/2006).

Menkeu menjelaskan, dana asing yang masuk saat ini
masih tetap bertahan di Sertifikat Bank Indonesia
(SBI) dan Surat Utang Negara (SUN). Hal ini didasarkan
perilaku investasi dari investor SBI maupun SUN yang
bersifat jangka menengah (medium term).

Menkeu menegaskan, koreksi yang terjadi di pasar saham
dan rupiah saat ini, tidak serta merta membuat
pemerintah melakukan perubahan kebijakan.

Apalagi penurunan ini, lebih karena pengaruh pasar
global dan regional yang sulit dihindari. Sehingga
pemerintah menganggap tidak perlu melakukan perubahan
drastis.

"Saya rasa nanti dalam beberapa hari mereka akan
melakukan rasionalisasi dari respons pasar ini," tukas
Menkeu.

Menurut Menkeu, pelaku pasar juga akan
mempertimbangkan kembali kondisi perekonomian
Indonesia bila dibandingkan negara lain.

"Kemarin kita menikmati terlalu cepat kenaikan IHSG
maupun kurs, koreksi yang sekarang ini merupakan
koreksi normal dari perubahan yang sistemik,"
tukasnya. (ir)