From: hotma sirait
yang jadi pertanyaan saya dalam hal ini, kenapa ya emiten yg lain
selain BLTA) tidak ada yg men-suspend-kan diri dalam kondisi
bearish seperti ini (alasan bisa dicari2-lah)? toh tidak ada
hukumannya dari BAPEPAM & BEJ (dan strateginya menurut pak oentoeng
suspend-nya akan dicabut ketika BEJ bull, mungkin Juli atau Oktober
2006)? apa cuma BLTA saja yg pinter banget (emiten lain tidak
pinter)? tapi ini sebenarnya melanggar UU Pasar Modal (UU No.8 Tahun
1992) apa tidak ya?. i'm still confuse, mohon pencerahan dari para

ini jawaban dari perspektif hukum yah (dan saya hanya belajar
sederhana aja)

BONZ : ini mungkin postingan ke-2 dari bang Hotma.. horas bang..
di UUPM 8 tahun 1995 ada beberapa hal yang bisa kita coba simpulkan
sendiri... hehe..
A. mulai dari Pasal 1 angka 7 (fakta materiil) dan angka 25 (prinsip
keterbukaan) dari titik awal ini dulu didapat bahwa, Emiten (pihak
yang tunduk pada UUPM) wajib untuk menginformasikan mengenai Fakta
Materiil apapun yang "dapat" mempengaruhi HARGA EFEK
RELEVANSI : padahal sudah diinformasikan di RUPS bukan? apalagi yang
kurang.... eheh.. (lalu kenapa disuspen karna Informasi misal :
Listing dsb sudah dipaparkan dan dinyatakan selanjutnya diadakan
RUPS LB.. sehingga pastinya adalah "trik" suspensi yang
lumayan "aneh".. silakan bahas tapi legalnya telah dan akan kemudian
dipenuhi) SUPSPENSI setelah RUPS.. ada opo iki? hehe... memangnya
RUMOR apalagi... OLD STORY semua toh??

B. Pasal 81 angka 1 (informasi yang salah dengan menggunakan
prospektus atau cara lain dan disampaikan pihak yang menawarkan atau
menjual efek/saham wajib GANTI RUGI)
- nah cara lain ini maksudnya apa aja saya ngak tahu ada di KEP
manalagi... namun di pasal 81 angka 2 dinyatakan GANTI RUGI
ditanggung Pembeli bila TAHU informasi itu SALAH.. silakan pikir
logika pasal 81 ini...
namun perlu kemudian kita ketahui kenapa kemudian ada PUBLIC EXPOSE
bukan WAWANCARA BIASA... karna yang dikenal salah satu PEMAMPARAN
INFORMASI adalah PE.. mungkin ada yang tahu lainnya
nah BLTA telah memenuhi PEMAPARAN INFORMASI ini ngak? rasa - rasanya
kurang dan lebihnya SUDAH secara LEGAL

C. Pasal 84 (penggabungan peleburan pengambil alihan perusahaan lain)
salah satu ISU BLTA adalah ini.. intinya WAJIB keterbukaan Informasi
nah ini sudah dipaparkan di RUPS dan sebagainya

D. Pasal 86 angka  1 (laporan berkala dan Laporan atas TRANSAKSI
tertentu yang dapat mempengaruhi HARGA Wajib disampaikan ke BAPEPAM
dengan tenggat waktu tertentu +/- 2 hari kerja) namun Pasal 86 angka
2 menyatakan pengecualian.. nah itu URUSAN BAPEPAM (dalm penjelasan
UUPM saya masih ngak ngerti.. itu katanya PERUSAHAAN PUBLIK dengan
jumlah pemegang saham dan modal disetor tertentu.. saya ngak ngerti
RELEVANSI : ini bisa dipakai titik masuk SUSPENSI BLTA.. mungkin?

E. BAB XI inilah yang mengatur tentang PENIPUAN MANIPULASI PASAR dan
INSIDER TRADING
nah disini lah BOLONG UUPM... haha.. jadi Yang SESAT  - SESAT itu
biarpun GAMBLANG masih aja Jalan terus mang... hehe...
- belum lagi BAPEPAM bisa memberikan pengecualian agar si EMITEN
atau PIHAK lainnya BEBAS dari tuntutan dan lain sebagainya..

F. mengenai sanksi tentunya awam dikenal kalu ngak administratif,
pidana, denda.. dan sebagainya..

kesimpulan saya :
dalam penjelasan dinyatakan untuk kasus "Informasi yang tidak benar"
sekali lagi BAPEPAM memiliki koridor sendiri dalam menilainya.. nah
ini bisa ada di buku Panduan (mungkin) PP, Kep Bapepam, dsb..
KASUS BLTA :
- Listing Singapore
- Akuisisi
- Buy Back
- RI 5 %
pada RUPS kemaren kan ada tanya jawab (untuk memberikan Informasi
yang ada dari pihak emiten, apabila kemudian Investor tahu ini PALSU
dan kemudian RUGI yah tanggung sendiri.. tapi gimana caranya yah
tahu ini  PALSU... nah nanti kita lihat REALISASInya apakah yang
dinyatakan di RUPS yang telah dan akan diadakan adalah FAKTA
seadanya atau NGIBUL... kita tunggu selanjutnya.. tapi masih ada
CELAH buat EMITEN BEBAS.. yakni yah pasal kewajiban Laporan itu...
(menurut saya sih) ... inilah kemudian kata - kata dari saya "SULIT
MINTA AMPUN hehehe..." tapi kan banyak jalan ke ROMA.. kalu si
EMITEN bisa tahu cara keluar dari TUNTUTAN.. tentunya INVESTOR juga
tahu CARA KICK ini EMITEN... haha... =D masalahnya PERLU atau TIDAK

yah ini dululah.. semoga membantu sedikit kenapa BLTA suspend..
belum lagi maksud dari P. Oentoeng dan TUANG gede tentang BLTA..

kenapa yang lain ngak minta suspend.. mereka kan belum hembusin
RUMOR yang DAHSYAT... hehe.. lagian ada itungan UNTUNG - RUGI
mereka? belum lagi nanti ASING atau INVESTOR "jengkel" kalu Bapepam
sering "kecepatan dan telat" suspen... hehe... sudah TRADISI...
hehe... alasannya.. PROSEDUR... yah kita maklumlah...

apa yang terjadi di MARKET.. terjadilah... hehe...
mendingan KHAYALAN lagi... kalu rapor ekonomi BUSH jeblok... haha...
apa coba maksudnya.. PEMILU apa tuh namanya TENGAH atau apalah lupa
ane... berapa persen KICK BUSH dengan pake INFLASI RATE dan MARKET
belum WARnya... IRANnya... haha...
kenapa OIL turun MARKET ambrol... kenapa oh kenapa?
INFLASI dan DEFISIT seperti salah satu TOKOH bilang itu PROBLEM DN
USA.. dan lagi ini kan MANUVER yang dipakai buat KOCOKAN MARKET..
sekali lagi salut dengan ERA KETERBUKAAN BERNANKE.. makin terbuka
makin masuk angin... hehe... batuk-batuk dah MARKET...
seperti TOKOH di OB bilang mendingan langsung aja di PUTUSIN jangan
bikin GANTUNG... ehhe...

ChEeRz
Bonardo Sinaga

saya tetap kekeh BLTA suspen Tujuan Tertentu bukan sebagaimana
LUMRAH adanya... kunci nanti di RUPS LB... mereka pakai ini buat
bebas dari TUNTUTAN dan ini "JALAN YANG BENAR".. ehheh ngak percuma
kan punya profesional luaarrr biasaaa.... =D

Protect your PC from spy ware with award winning anti spy technology. It's free.
http://us.click.yahoo.com/97bhrC/LGxNAA/yQLSAA/zMEolB/TM