Jadi inget kemaren juga ada website saham terkenal yg nulis beberapa analis bilang: saham tambang masih bagus, outlook untuk saham tambang dinaikkan karena emas rebound, nickel tembus high, minyak sudah lewat 75.
Tapi kemarin saham tambang semuanya dikerjain.
INCO
PTBA
ANTM
tidak terkecuali MEDC.

Selentingan ane denger projection net profit PTBA 2006 turun signifikan.
Kalo lihat harga energi saat ini, buat ane nonsense bikin kalkulasi laba bakal turun.
Ane cuma kwatir kesepakatan harga jual 2006 ngga tercapai sampai ganti tahun. Tadinya diperkirakan semester I harga sudah jadi (tahun lalu Q1 sudah jadi) tapi sampe sekarang masih berlarut-larut.

Emang masalahnya adalah harga BBM sudah naik tahun lalu, sedangkan listrik ngga jadi naek karena pemerintah mempertimbangkan kenaikan BBM sudah sangat memukul daya beli masyarakat. PLN adalah pihak yang apes musti ngalah untuk kepentingan publik. Efeknya kena ke PTBA, PLN ngga mau harga beli batubaranya dinaekin.
Dari segi usaha, Pak Eka udah bilang bahwa PTBA adalah yg paling aman. Wa pernah nulis harga jual = cost plus margin artinya berapapun cost(biaya)nya, margin laba sudah pasti misal harga cepe laba you 5%. harga gope, laba you tetep (5%), kalo turun jadi gocap ?? ya laba you tetep segitu. catatan : ane ngga tau cost plus marginnya bertingkat apa engga.
Semester II laba PTBA akan turun sama kaya semester I yg EPSnya cuman 30.

Tapi kalo harga jual udah diadjust, EPS mestinya naik. Liat aja lapkeu Q1 angka sales dalam negri 2006 masih menggunakan harga 2005 sedangkan biaya udah pake 2006>>>EPSnya jadi 30.
Kalo sales dalam negrinya naik 20% saja berapa jumlahnya?, tambahan itu pada net profit q12006, maka itu adalah real profit q12006.
Makanya ane bilang EPS 30 adalah boongan dan PER ngga akan terlalu tinggi. Gimana menurut anda Pak Eka ?

Hal ini (penentuan harga jual ke PLN) di luar kemampuan investor, moga-moga aja pemerintah sbg decision maker buat keputusan yg adil buat PTBA karena harga ke PT KA sudah terlebih dulu disesuaikan.

ANTM & INCO ?
Ane denger Openheimer atau apa tuh namanya, kepemilikan saham ANTM nya makin dikit jadi sabar aja kalo harga ngga mau rally.

Watch :
Emas dalam 20 hari udah naik 10% lebih dari low 550 udah nyentuh 660 lho
Nickel high 15 years ya ?
Oil  78US$/barrel